SOLOPOS.COM - Ponpes Assalaam Pabelan Kartasura Sukoharjo (Kaskus)

Pendidikan Sukoharjo, Ponpes Assalaam membuka pendaftaran siswa baru.

Solopos.com, SUKOHARJO — Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Modern Islam Assalaam Kartasura, Sukoharjo mulai membuka pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2016/2017. Pendaftaran secara online telah dimulai awal November lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bagian Humas dan Kerjasama PPMI Asslaaam, Asa Zain Muttaqin, mengungkapkan hingga Selasa (17/11/2015), jumlah pendaftar online sebanyak 90 orang. Dari jumlah tersebut, 40 pendaftar sudah melakukan pembayaran untuk biaya pendaftaran.  Kuota siswa baru yang tersedia yaitu 409 siswa madrasah tsanawiyah (MTs), 150 siswa program takhashushiyah, sekitar 50 siswa jenjang SMA/madrasah aliyah (MA) dan SMK.

Kuota program SMA/SMK/MA hanya sekitar 50 siswa karena kebanyakan siswa PPMI Assalaam dari jenjang MTs langsung melanjutkan ke jenjang SMA/SMK/MA. “Kalau jumlah siswa PPMI Assalaam keseluruhan saat ini sekitar 2.450 siswa,” jelasnya saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Selasa (17/11).

Siswa yang mendaftar sebagai calon siswa PPMI Assalaam, terangnya, harus mengikuti tes potensi akademik, tes membaca Alquran, psikotes, wawancara dan tes kesehatan. Khusus calon pendaftar jenjang SMA/MA/SMK juga harus mengikuti tes menulis dan membaca bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Pasalnya siswa SMA/MA/SMK dipersyaratkan harus memiliki kemampuan yang memadai dalam bahasa Arab, bahasa Inggris dan pemahaman agama. “Biasanya yang langsung mendaftar ke jenjang SMA/MA/SMK itu lulusan pondok pesantren. Jika mereka dari sekolah umum, disarankan mengikuti pendidikan takhashushiyah atau kelas persiapan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Sesuai jadwal, katanya, tea lisan dan tes tertulis akan dilaksanakan 8-17 Januari 2016. Pengumuman pada 27 Januari, daftar ulang 27 Januari-4 November. Total biaya pendidikan awal siswa baru PPMI Assalaam ditetapkan sebesar Rp18.675.000.
Berdasarkan informasi awal, pendaftar tahun ini juga ada yang berasal dari luar negeri seperti Thailand dan Qatar. Sejak 10 tahun lalu, PPMI Assalaam sudah menerima santri dari luar negeri. Bagi santri dari luar negeri itu, akan mendapatkan fasilitas pendampingan jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya