SOLOPOS.COM - Ilustrasi (univetbantara.wordpress.com)

Pendidikan Sukoharjo, pergeseran bahasa Jawa sebagai bahasa ibu mengkhawatirkan.

Solopos.com, SUKOHARJO — Kebiasaan di rumah menjadi salah satu faktor penyebab bergesernya bahasa ibu atau Bahasa Jawa dalam percakapan keseharian ke Bahasa Indonesia. Padahal Bahasa Jawa menerapkan disiplin dan rasa menghormati satu dengan orang lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahasa Jawa juga memiliki tiga strata yang menggambarkan status seseorang, mulai starta rendah, menengah, dan tinggi. Demikain disampaikan Ketua Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Daerah (BSD) FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, Nurpeni Priyatiningsih, Selasa (24/10/2017).

“Kendala saat ini ada di rumah tangga. Orang tua tidak lebih senang menggunakan Bahasa Indonesia daripada Bahasa Jawa sehingga Bahasa Jawa semakin tergusur,” kata dia saat ditemui di Auditorium Univet Bantara Sukoharjo.

Dia berharap orang tua kembali menggunakan Bahasa Jawa agar bahasa ibu lebih berkembang. Nurpeni berharap pendidikan Bahasa Jawa diajarkan sejak taman kanak-kanak hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Pada bagian lain, Nurpeni mendesak pemerintah menerbitkan regulasi penggunaan bahasa daerah di Indonesia agar keanekaragaman bahasa menjadi ciri NKRI.

“Gubernur tiga provinsi, yakni Jatim, Jateng, dan DIY sepakat Bahasa Jawa diajarkan di semua jenjang. Mahasiswa akhir Prodi BSD Univet Bantara mulai tahun ini sudah diwajibkan menggunakan Bahasa Jawa dalam pengantar skripsinya,” tandasnya.

Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Daerah, Bengat, menambahkan alumni prodinya sekitar 1.000-an orang tetapi belum semua terdeteksi. Bengat menegaskan mayoritas alumni Prodi Bahasa dan Sastra Daerah telah menjadi guru dan pejabat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya