Tutup Iklan

PENDIDIKAN SRAGEN : Jelang Akhir Tahun, DAK Pendidikan Rp4,6 Miliar Belum Terserap

 Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Oriza Vilosa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Oriza Vilosa)

Infrastruktur Pendidikan Sragen, masih ada Rp4,6 miliar DAK Pendidikan yang belum digunakan.

Solopos.com, SRAGEN–Memasuki pekan pertama November 2015, dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan senilai Rp4,6 miliar belum terserap. Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen, Kusmanto, mengatakan total DAK pendidikan yang diterima dari APBN dan Silpa 2014 mencapai Rp14,08 miliar. Dana pendamping DAK pendidikan dari APBD mencapai Rp1,4 miliar.

“Jadi total DAK pendidikan mencapai Rp15,4 miliar. DAK pendidikan dicairkan dalam tiga tahap. Tahap I sebanyak 40%, tahap II dan III sebanyak 30%. Sekarang realisasi DAK Pendidikan sudah memasuki tahap kedua,” kata Kusmanto kepada Solopos.com, Sabtu (8/11/2015).

Memasuki tahap II, total DAK yang sudah terserap mencapai Rp10,7 miliar. Dengan begitu, masih ada Rp4,6 miliar DAK pendidikan yang belum terserap memasuki pekan pertama November. Kendati demikian, Kusmanto mengaku optimistis seluruh dana DAK senilai Rp15,4 miliar itu bakal terserap pada akhir tahun anggaran.

“Untuk pembangunan fisik, berdasarkan pantauan di lapangan, rata-rata sudah selesai 70%. Pekerjaan ini dilakukan secara swakelola. Biasanya, sekolah mengebut pekerjaan fisik kendati DAK belum cair 100%,” terang Kusmanto.

DAK pendidikan senilai Rp15,4 miliar itu diberikan untuk 63 SD dan 48 SMP. Sebanyak 34 SD dan 28 SMP mendapat DAK untuk pekerjaan fisik seperti rehab ruang kelas rusak berat dan sedang. Sementara 29 SD dan 20 SMP mendapat DAK untuk pengadaan alat peraga pendidikan.

“Totalnya ada 111 sekolah penerima DAK yang terbagi dalam 227 volume atau pekerjaan. Satu satu sekolah bisa mendapat lebih dari satu pekerjaan tergantung kebutuhan,” kata Kusmanto.

Berita Terkait

Berita Terkini

Usai Periksa Luhut, Polda Metro Akan Panggil Haris Azhar-Fatia

Polda Metro Jaya akan memanggil Haris Azhar-Fatia Maulidiyanti dalam waktu dekat terkait dugaan pencemaran nama baik melibatkan Menko Bidang Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan.

Jagone Inyong Kie! Es Lontrong Slawi Seger Legender

Kuliner Tegal kali ini membahas tentang Es Lontrong Slawi yang legendaris dan hanya bisa ditemukan di Tegal.

Bandara Dibuka, Afghanistan Siap Bekerja Sama dengan Semua Maskapai

Taliban pada Minggu (26/9/2021) mengumumkan bahwa semua masalah teknis di bandara Kabul sudah teratasi dan penerbangan internasional siap kembali beroperasi.

ODGJ Klaten Akhiri Hidup dengan Gantung Diri di Sumur

Kasus bunuh diri di Klaten itu kali pertama diketahui Suwarni. Mendengar suara air mengalir dari arah sumur milik ST. Begitu dicek, Suwarni melihat ST sudah meninggal dunia dengan gantung diri di sumur tersebut.

Tol Kayangan Ini Viral di Medsos Lur, Cek Lokasinya

Tol Kayangan merupakan penghubung Dusun Surodadi dan Dusun Candran, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang sedang viral di medsos.

Pensiunan Polisi di Semarang Ngemis Jadi Manusia Silver, Ini Alasannya

Aksi manusia silver sering kali meresahkan pengguna jalan sehingga menjadi target razia Satpol PP.

Sidak Proyek Kantor BPBD, Wabup Klaten Peringatkan Kontraktor!

Nilai kontrak pembangunan Kantor BPBD yang disidak Wakil Bupati Klaten senilai Rp7,59 miliar dari APBD Klaten. Rentang waktu pengerjaan selama 180 hari dimulai sejak Juni 2021.

Bencana Tanah Longsor di Temanggung, Satu Rumah Ambruk

kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah

Menko Marinvest Luhut soal Data Tambang: Kita Buka di Pengadilan!

Menko Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan, tidak ambil pusing soal tantangan membuka data bisnis tambang di Papua yang disebut-sebut miliknya.

Merpati Jaguar di Pekalongan Laku Rp1,5 Miliar, Ini Istimewanya

Kisah unik kali ini tentang seekor merpati Jaguar yang laku terjual seharga Rp1,5 miliar.

Mau Petik Jambu, Pekerja Proyek Malah Temukan Granat Nanas di Solo

Saat hendak memetik jambu di tepi rel kereta api, Danu melihat benda mencurigakan yang ternyata sebuah granat yang diduga masih aktif.

Meresahkan, 3.000 Situs Pinjol Ilegal Diblokir dan Dipidanakan OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan telah memblokir serta mempidanakan 3.000 situs pinjaman daring atau online ilegal.

Sadis! Kuping Muazin Disayat Jemaah Masjid, Dapat 39 Jahitan

Kisah tragis dialami seorang muazin yang telinganya disayat jemaah masjid hingga nyaris putus dan mendapat 39 jahitan.

Nonton Balapan Superbike di Sirkuit Mandalika, Cara Beli Tiketnya?

Tiket balapan Superbike di Sirkuit Mandalika belum tersedia namun penonton bisa mulai mendaftar.

Profil Wali Kota Tegal Dedy Supriyono, Pionir Lockdown di Jawa Tengah

Wali Kota Tegal yang baru menjabat sejak 2019 ini menjadi sorotan karena menjadi Kepala Daerah pertama di Jawa Tengah yang menerapkan Lockdown saat pandemi Covid-19 mulai merebak pada tahun 2020 lalu.