SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru menghadapi peranti teknologi informasi (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Pendidikan Solo, dua guru asal Solo menjadi wakil Jateng masuk 3 besar guru berprestasi tingkat nasional 2016.

Solopos.com, SOLO–Dua guru asal Kota Solo yang menjadi wakil Provinsi Jawa Tengah dalam ajang Lomba Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi dan Guru, Kepala Sekolah Pendidikan Luar Biasa (PLB) Berdedikasi 2016 Tingkat Nasional, masing-masing berhasil masuk tiga besar juara untuk dua kategori yang berbeda.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Mereka adalah Ties Setyaningsih yang berhasil mendapat Juara 3 kategori Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Berprestasi dan Sri Saptaningsih yang berhasil meraih Juara 2 kategori Guru Inklusi Berprestasi. Keduanya bertugas di SMK Negeri (SMKN) 8 Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, Kota Solo berhasil meraih gelar sebagai Juara Umum pada lomba serupa untuk Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2016 karena ada empat perwakilan tenaga pendidik yang berhasil menyabet juara 1, empat tenaga pendidik yang meraih juara 2, dan 1 tenaga pendidik yang mendapatkan juara 3.

“Kami syukuri dengan perolehan prestasi ini. Untuk Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Solo bisa meraih Juara Umum, sedangkan yang menjadi wakil untuk Provinsi Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional, ada dua orang yang berhasil meraih juara,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo Etty Retnowati, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdikpora Solo, Sulardi, ketika ditemui wartawan di kantornya, Senin (22/8/2016).

Sulardi menjelaskan dalam Lomba Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi dan Guru, Kepala Sekolah Pendidikan Luar Biasa (PLB) Berdedikasi 2016 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Solo mengirimkan 18 delegasi. Yang berhasil meraih Juara 1 yaitu Kepala SMKN 8, Ties Setyaningsih untuk kategori Kepala SMK Berprestasi, Guru SLB Negeri, Musowir untuk kategori Guru SLB Berprestasi, Guru SLB Setya Dharma, Setya Dharma Lupiyanti untuk kategori Guru SLB Berprestasi, dan Guru SMKN 8, Sri Saptaningsih untuk kategori Guru Inklusi Berprestasi. Sedangkan gelar Juara 2 masing-masing diraih oleh Guru SMPN 9, Noviandari untuk kategori Guru SMP Berprestasi, Guru SMAN 1, Muhari untuk kategori Guru SMA Berprestasi, Kepala SMPN 13, Sri Wuryanti untuk kategori Kepala SMP Berprestasi, dan Guru SMKN 8, Wagimin untuk kategori Konstitusi PKn. Sedangkan untuk Juara 3 ada Guru SMKN 5, Sukidi yang meraih Juara 3 kategori Guru SMK Berprestasi.

“Mereka yang meraih Juara 1 di tingkat Provinsi Jawa Tengah mewakili Provinsi Jawa Tengah maju pada lomba di tingkat nasional. Dari Solo ada empat orang, dua di antaranya berhasil mendapat Juara 3 dan Juara 2 untuk kategori yang berbeda,” terangnya.

Menurut Sulardi, keberhasilan tersebut selain persiapan dari tenaga pendidikan yang bersangkutan, juga didukung persiapan yang matang untuk maju ke tingkat nasional.

“Kita persiapannya tidak instan melainkan jauh-jauh hari sebelumnya. Sebab selain prestasi oleh masing-masing tenaga pendidik tersebut yang masuk dalam portofolio, inovasi, dan kreativitas, termasuk penguasaan IT (teknologi informasi), kesiapan diri yang matang juga sangat menunjang,” kata Sulardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya