Tutup Iklan

PENDIDIKAN SOLO: Himpaudi Solo Adakan Diklat Kompetensi Guru PAUD di UTP

PENDIDIKAN SOLO: Himpaudi Solo Adakan Diklat Kompetensi Guru PAUD di UTP

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Guru TK

Himpaudi Solo adakan diklat kompetensi guru PAUD. 

Solopos.com, SOLO—Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Solo bekerja sama dengan sejumlah organisasi akan menggelar diklat kompetensi sosial guru PAUD di aula Fakultas Pertanian Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, pada 25-26 Januari 2018. (baca: Guru Paud Tak Tersentuh Tunjangan Sertifikasi)

Ketua Himpaudi Solo, Mundhofir, mengatakan diklat ini bekerja sama dengan sejumlah organisasi. Antara lain, Ikatan Guru Raudhatul Athfal  (Igra), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), dan Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (Igaba).

“Kami akan mengadakan diklat kompetensi sosial bagi guru PAUD,” katanya kepada Solopos.com seusai rapat koordinasi di Kantor Dewan Pendidikan Kota Solo, Senin (22/1/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan kompetensi mengajar bagi guru PAUD diatur dalam UU No 14/2005 tentang Pendidikan Guru dan Dosen.

Sesuai aturan ini ada empat kompetensi dasar yang harus dimiliki guru PAUD, yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Diklat ini sebagai salah cara untuk meningkatkan kompetensi para pengajar PAUD.

“Biaya mengikuti diklat kompetensi sosial guru PAUD senilai Rp150.000. Peserta kami batasi sebanyak 200 orang. Peserta diklat nantinya akan mendapatkan sertikat dari Dinas Pendidikan Solo,” ungkapnya.

Diklat ini akan dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Etty Retnowati. Sedangkan sebagai nara sumber adalah Kepala Bidang Paud dan Pendidikan Masyarakat Diknas Solo, Tri Budi Santoso, Kasi Paud dan Pendidikan Keluarga Diknas Solo, Galuh Murya Widawati, serta praktisi PAUD Solo, Fathimah, Dani Pranoto, Muhammad Nasyir, dan Sixta Madubala.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kendalikan Kasus Covid-19, Bupati Klaten Minta Jajarannya Tegas

Bupati Klaten meminta kepada Satpol PP bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk terus melakukan operasi penegakan protokol kesehatan.

Pemimpin Redaksi Media Online Ditembak Hingga Tewas di Mobil

Pemimpin redaksi media online di Simalungun diduga jadi pembunuhan. Ia ditemukan tewas di dalam mobil dengan luka tembak.

20 Karyawan Pabrik Garmen Brebes Ketahuan Covid-19 Saat akan Perpanjang Kontrak

20 Karyawan pabrik garmen di Brebes diketahui terpapar Covid-19 saat hendak perpanjang kontrak. Akhirnya mereka tidak dipekerjakan.

Hendak Salip Motor Tapi Gagal, Mobil Sedan Terbalik di Karangdowo Klaten

Mobil sedan yang dikemudikan remaja Karangdowo, Klaten, terguling setelah menabrak pembatas jembatan. Pengemudi mobil hendak menyalip motor tapi gagal.

Menutup Objek Wisata saat Weekend hingga Aturan Baru Hajatan

Objek wisata tutup saban Sabtu-Minggu pada pekan pertama dan ketiga. Khusus hajatan, tamu luar kota wajib menunjukkan surat bebas dari Covid-19.

Umbul Susuhan Klaten Ditutup, Sejumlah Pengunjung Kecele

Sejumlah pengunjung Umbul Susuhan Klaten kecele karena objek wisata air itu tutup pada Sabtu (19/6/2021). Bupati Klaten memerintahkan seluruh objek wisata ditutup pada pekan I dan III tiap bulannya.

Bangunan Eks SDN 2 Kragilan Sragen Disulap Jadi Tempat Isolasi Berkapasitas 120 Orang

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, akan menambah kapasitas Technopark untuk isolasi pasien Covid-19. Jika masih kurang, Bupati juga menyiapkan gedung eks SDN Kragilan jadi tempat isolasi.

Waduh, Giliran Pegawai Setda Pemkab Wonogiri Terpapar Covid-19

Covid-19 mulai merambah Setda Wonogiri. Sejumlah pegawai di Setda Wonogiri terkonfirmasi positif Covid-19. Belum ada penutupan kantor kecuali Inspektorat.

BAN Peringatkan Pemangku Kepentingan: Akreditasi Bukan Syarat Penerimaan!

Penerapan kebijakan akreditasi sekolah/madrasah atau institusi/lembaga pendidikan untuk penerimaan dapat menutup kesempatan lulusan terbaik.

Wow! Followers Instagram Cristiano Ronaldo Tembus 300 Juta

Cristiano Ronaldo belum lama ini membukukan rekor mencetak 11 gol dari lima kali Euro dan menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima edisi Euro secara beruntun.

19 Bandar Narkoba LP Cipinang dipindah ke LP SMS di Nusakambangan

Kemenkum HAM memindahkan 19 bandar narkoba dari LP Cipinang ke LP Nusakambangan untuk memutus mata rantai peredaran narkoba.

Semangat! Warga Lansia Sragen "Piknik” Naik Kereta Mini Demi Ikuti Vaksinasi

Warga lansia di lingkungan RT 007, Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, menaiki kereta mini menuju puskesmas yang jaraknya 5 km.