SOLOPOS.COM - Acara Walk with Autism di Solo (JIBI/Solopos/Dok)

Ada evaluasi bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang mendaftar ke sekolah inklusi di Solo.

Solopos.com, SOLO — Anak berkebutuhan khusus (ABK) yang akan mendaftar ke sekolah inklusi jenjang sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP) di Solo akan dilayani secara khusus dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2017/2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para ABK bersama orang tua masing-masing akan melalui tahap assessment (penilaian) yang difasilitasi Tim Inklusi Kota Solo. Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Unggul Sudarmo, ketika diwawancarai wartawan, Rabu (7/6/2017).

“Khusus ABK yang akan melanjutkan studi di sekolah inklusi harus melalui assessment lebih dahulu di Kantor Dinas Pendidikan [Disdik] Solo. Jadi jalur PPDB ABK ini memang jalur offline,” ujar Unggul didampingi Kasi Kesiswaan Bidang Pendidikan Dasar SMP (Dikdas SMP) Disdik Kota Solo, Budi Setiono, Rabu.

Tahap assessment bagi ABK dijadwalkan tiga hari yakni Senin-Rabu (12-14/6/2017) mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Sekolah Dasar (SD) Disdik Kota Solo, Wahyono, menambahkan saat ini ABK yang lulus SD dan akan melanjutkan ke SMP ada 30 siswa.

Sedangkan yang akan masuk ke SD inklusi, dia belum mengantongi data. Namun, menurut dia, layanan assessment tersebut juga bisa diberikan kepada ABK yang akan masuk SD inklusi.

“Melalui assessment tersebut akan di-review atau diteliti kembali, salah satunya untuk mengetahui jenis layanannya seperti apa. Jadi saat melanjutkan ke SMP layanan yang akan didapatkan ABK tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan,” terang Wahyono.

Saat ini terdapat 16 SD inklusi di Kota Solo. Sedangkan jenjang SMP ada sembilan sekolah inklusi yaitu SMP Negeri (SMPN) 12, SMPN 20, SMPN 22, SMPN 23, SMP Al Islam 1, SMP Diponegoro, SMP Kanisius 1, SMP Lazuardi Kamila, dan SMP Modern Islamic School (MIS). Setelah tahap assessment, verifikasi nilai dijadwalkan pada 15 Juni, pengumuman pada 19 Juni, dan daftar ulang 20 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya