SOLOPOS.COM - Semut Nggotong Roti

Pendidikan Solo hanya 15 sekolah PAUD di Solo terakreditasi.

Solopos.com, SOLO — Hanya 15 sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) yang terakreditasi dari total 530 sekolah di Solo. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Unggul Sudarmo, ketika ditemui wartawan di sela-sela Peluncuran dan Rapat Koordinasi Penyusunan Agenda Kegiatan Tim Pembimbingan dan Pembinaan Efektif Menuju Akreditasi (Minati Merit) yang diadakan di Rumah Makan Tumpeng Solo, Jl. Dr. Supomo 53 A, Solo, Kamis (6/9/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Unggul mengakui jumlah lembaga PAUD yang terakreditasi baru 15 lembaga. Untuk mendorong peningkatan jumlah lembaga PAUD terakreditasi di Solo, Pemkot telah membentuk Tim Pembimbingan dan Pembinaan Efektif Menuju Akreditasi (Minati Merit). Salah satu tugasnya adalah memberikan bimbingan dan pembinaan kepada lembaga-lembaga PAUD tersebut dalam proses akreditasi.

Kasi PAUD dan Pembinaan Pendidikan Keluarga (Bindikel) Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Disdik Solo, Galuh Murya Widawati, menambahkan penilaian kelayakan program PAUD melalui akreditasi telah dilaksanakan sejak 2008.

Namun, sejak 2008 hingga 2016, belum ada satu pun lembaga PAUD di Kota Solo yang berhasil meraih akreditasi. “Dari 530 lembaga PAUD yang meliputi kelompok bermain, TK, TPA, dan Satuan PAUD Sejenis [SPS] di Solo, masih nol persen PAUD yang terakreditasi sejak 2008 hingga 2016. Sementara untuk 2017 ini baru 15 lembaga PAUD yang sudah mengantongi akreditasi,” kata Galuh.

Dia berharap Tim Minati Merit bisa meningkatkan jumlah lembaga PAUD yang terakreditasi. Tim tersebut melibatkan berbagai unsur yang terdiri atas pengawas TK, pemilik PAUD, PKG PAUD, IGTKI, Himpaudi, dan asesor.

Disdik Kota Solo menargetkan 125 lembaga PAUD yang bisa terakreditasi pada 2017 ini. Sementara itu, pada 2020 diharapkan semua PAUD sudah terakreditasi. “Target kami semua lembaga PAUD bisa terakreditasi, bahkan mencapai nilai A atau minimal B. Akreditasi bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat akan layanan lembaga PAUD,” tambah dia.

Galuh menjelaskan 15 lembaga PAUD yang sudah terakreditasi terdiri atas 13 lembaga PAUD yang terakreditasi A dan 2 lembaga PAUD terakreditasi B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya