SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Pendidikan Solo, empat siswa SMA di Solo tidak lulus UNBK.

Solopos.com, SOLO — Empat siswa SMA di Solo tidak lulus Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017. UNBK SMA 2017 di Solo tercatat ada 6.1651 siswa baik sekolah negeri maupun swasta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Solo, Agung Wijayanto, mengatakan penyebab empat siswa tersebut tidak lulus karena meninggal dunia dan tidak mengikuti UNBK. Keempat siswa itu, menurut dia, satu siswa dari SMA Santo Yosef karena meninggal dunia, satu siswa SMAN 7, dan dua siswa SMA Tunas Pembangunan karena tidak mengikuti UNBK.

“Mereka [empat siswa] semua dari bidang studi IPS sehingga kelulusan bidang studi IPS tidak mencapai 100 persen,” katanya dihubungi Solopos.com di Solo, Rabu (3/5/2017).

Sedangkan untuk bidang studi IPA dan Bahasa, lanjut dia, semua siswa lulus 100%. “Asalkan siswa mengikuti UNBK dipastikan lulus,” imbuh Kepala SMAN 6 Solo.

Dia menambahkan pelaksanaan UNBK 2017 diikuti 40 SMA dan Madrasah Aliah [MA]. “Semua SMA sudah melaksanakan UNBK,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 4 Solo Bidang Humas, Erwin Sulistianti, mengungkapkan tingkat kelulusan siswa mencapai 100 %. “Sebanyak 319 siswa kelas XII yang mengikuti UNBK semua lulus,” ungkap dia.

Tidak sekadar lulus, menurut dia, siswa bidang studi IPS mencatat prestasi sebagai yang terbaik untuk tingkat SMA se-Soloraya dan peringkat ketiga SMA se-Jawa Tengah. “Bidang studi IPS peringkat pertama se-Soloraya sedangkan bidang studi IPA menduduki peringkat kedua,” tandas Erwin.

Terpisah, Ketua Ujian Nasional SMA/SMK Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus Wilayah III Surakarta, Sabar Sudarsono, menyatakan belum mengetahui persentase tingkat kelulusan SMA/SMK di wilayah Soloraya. Menurut dia, belum semua SMA/SMK kabupaten/kota di Soloraya melaporkan hasil kelulusan yang diumumkan pada Selasa (2/5/2017) sore.

“Data sudah masuk dari 23 SMA di Karanganyar yang siswanya lulus 100 persen,” jelas dia.

Dia menambahkan ada satu siswa SMAN 2 Karanganyar yang meninggal dunia sebelum pelaksanaan UNBK. “Kami masih menunggu laporan dari daerah lainnya yakni Solo, Wonogiri, Sragen, Klaten, Sukoharjo, dan Boyolali,” kata Sabar.

Seperti diketahui sebanyak 20.218 siswa sekolah SMA negeri dan swasta di Soloraya mengikuti UNBK, 10-13 April 2017 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya