Tutup Iklan

PENDIDIKAN SOLO : 3 Siswa SMK Perbaiki Motor Tua Gesang, Begini Kesan Mereka

PENDIDIKAN SOLO : 3 Siswa SMK Perbaiki Motor Tua Gesang, Begini Kesan Mereka

SOLOPOS.COM - Siswa SMK Warga Solo memperbaiki sepeda motor milik maestro keroncong Gesang Martohartono di Omah Sinten Heritage Hotel and Resto, Solo, Selasa (3/10/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Tiga siswa SMK Solo memperbaiki motor tua milik maestro keroncong, Gesang.

Solopos.com, SOLO -- Yerico Bagas Prasetya, 17, mencoba menyalakan mesin motor Honda C-70 berpelat nomor AD 5359 A itu, Selasa (3/10/2017). Namun, motor yang dikenal dengan sebutan Honda plethuk warna merah putih itu belum juga bisa menyala.

Siswa Kelas XII E Program Keahlian Otomotif SMK Warga Solo itu kemudian mengecek tangki bahan bakar minyak (BBM). Rupanya motor itu minim bensin. Yerico segera mengisinya dengan bensin Pertalite lalu mencoba menyalakan kembali mesinnya. Dia juga sempat membersihkan bodi motor itu dengan lap.

Tak lama setelahnya, Yerico tampak asyik mengutak-utik salah satu motor tua milik almarhum Gesang Martohartono tersebut. Aktivitas itu berlangsung di Heritage Hotel & Resto Omah Sinten Solo, di Jl. Diponegoro 34-54 Solo. Di tempat itu juga digelar Pameran Seabad Gesang.

Yerico tak sendirian. Bersamanya, ada dua teman sekelasnya, yaitu Yeremia Meliano Pangemanan, 17, dan Zefanya Aryo Pratama, 17, yang tengah menggarap motor tua lain yang juga milik almarhum sang maestro keroncong tersebut.

Jenis motor yang digarap Yeremia dan Zefanya sama, namun beda tahun pembuatan. Motor Honda C70 kedua berpelat nomor AD 3262 A.

Ketiganya terlihat tekun mengecek kondisi masing-masing motor meliputi sistem rem, aki, busi, pengapian, kemudi, dan sebagainya. Ditemui wartawan di sela-sela menyervis dua motor yang sama-sama berwarna merah itu, Yerico, Yeremia, dan Zefanya mengaku bangga.

"Karena ini motor-motor kesayangan milik Pak Gesang, tentunya bangga dan ada kesan tersendiri," ungkap Yerico mewakili teman-temannya.

Instruktur Otomotif dari SMK Warga Solo, Yohanes Joko Setiono, menjelaskan servis dua motor milik Gesang itu tergolong servis ringan. Yohanes menyatakan tiga siswa SMK Warga Solo yang memperbaiki motor tersebut dipilih karena sudah mengantongi sertifikat kompetensi.

Menurut Yohanes, kondisi dua motor milik Gesang kondisinya cukup baik. Hanya beberapa onderdilnya ada yang sudah tidak orisinal. "Kami sarankan agar onderdilnya diganti dengan yang orisinal," jelasnya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.

Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo: Robert Petik Hal Positif

Persib memimpin lewat gol Febri Hariyadi pada menit ke-40 namun disamakan oleh gol balasan Ciro Alves pada menit ke-56.

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 80 Orang, 6 Meninggal Dunia

Penambahan kasus baru Covid-19 terbanyak di Kabupaten Klaten berasal dari Kecamatan Manisrenggo, yakni mencapai 17 orang.

Ivermectin Viral Disebut Obat Covid-19

Ivermectin yang lazim digunakan untuk mengobati berbagai jenis infestasi parasit viral disebut sebagai obat virus corona pemicu Covid-19.