Pendidikan Sangat Penting untuk Bekal Memasuki Era Metaverse

Metaverse adalah teknologi penyedia peluang-peluang baru sekaligus mengandung ancaman-ancaman baru. Butuh ketangguhan kepribadian memasuki era teknologi ini agar inovatif dan tak diperbudak.

 Ilustrasi teknologi blockchain yang menjadi ruang ekonomi baru. (Sumber: ekrut.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi teknologi blockchain yang menjadi ruang ekonomi baru. (Sumber: ekrut.com)

Solopos.com, SOLO — Ditinjau dari sisi teknologi, metaverse adalah peluang dan wahana memajukan bangsa. Ketika ditinjau dari sisi sumber daya manusia, metaverse mengandung ancaman serius.

Teknologi Internet kini yang memfasilitasi komunikasi antarmanusia secara nirbatas, bahkan menciptakan kebudayaan baru melalui media sosial, pada beberapa tahun mendatang akan lebih maju. Salah satu bentuk kemajuan adalah teknologi “tak sekadar menatap layar gadget” seperti yang dijalani hari-hari ini.

PromosiInsentif Fiskal untuk Mewujudkan Ambisi Penggunaan Kendaraan Listrik

Teknologi awal yang kini jamak disebut metaverse itu mengajak pengguna Internet “masuk ke dalamnya”. Dalam konteks teknologi, kemajuan ini adalah potensi untuk diberdayakan demi pembangunan bangsa dan kemajuan bangsa.

Perubahan-perubahan yang akan terjadi karena teknologi metaverse ini dipastikan akan berdampak pada perubahan perilaku bahkan kebudayaan penggunanya. Dalam skala kekinian, gejala buruk itu telah terlihat. Silakan membaca selengkapnya di artikel Memahami Peluang Sekaligus Ancaman Metaverse.

Pulau Kalimatan relatif memiliki paparan risiko bencana multi-ancaman yang lebih kecil. Kalimatan Utara dan Kalimatan Tengah adalah dua provinsi dengan matriks paparan risiko bencana multi-ancaman paling kecil. Risiko multibahaya adalah parameter-paramter pembentuk bahaya, begitu juga risiko yang dihasilkan oleh masing-masing ancaman.

Metodologi yang dipakai BNPB dalam menyusun matriks tersebut adalah penentuan indeks risiko berdasarkan analisis penggabungan nilai indeks bahaya untuk semua jenis bahaya, nilai indeks kerentanan untuk semua jenis bahaya serta nilai indeks kapasitas untuk semua jenis bahaya. Data lengkap tersaji di artikel Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim.

Pemerintah terus berupaya mewujudkan perbaikan secara menyeluruh PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dengan harapan bisa bernasib baik seperti Philippine Airlines.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menuturkan langkah PKPU harus dimanfaatkan sebagai momentum merombak secara menyeluruh maskapai pelat merah tersebut. Dia berpendapat langkah PKPU yang saat ini ditempuh sudah tepat dan bakal berjalan dengan lancar.

Optimisme tersebut juga dilandasi contoh maskapai lain, misalnya Philippine Airlines. Maskapai tersebut baru-baru ini telah mengumumkan berhasil merestrukturisasi utang yang mencapai US$2 miliar. Duduk perkaranya bisa dibaca di artikel Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik.

Dewan Narkotika Thailand mempersilakan warganya menanam ganja  di rumah dengan syarat telah memberi tahu pemerintah daerah setempat. Pada 2018, Thailand menjadi negara Asia Tenggara pertama yang melegalkan ganja untuk penggunaan medis dan penelitian.

Selain memberi tahu kepada pemerintah setempat, tanaman ganja yang dibudidayakan warga Thailand tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial tanpa izin lebih lanjut. Ganja yang ditanam di rumah warga Thailand harus digunakan untuk tujuan medis, seperti obat tradisional. Kisah lengkap tersaji di artikel Pelegalan Ganja di Thailand, Antara Blunder dan Solusi Kesehatan.

Program food estate merupakan program pemerintah yang bertujuan menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan nasional. Melalui food estate ditargetkan terbentuk sebuah integrasi solid yang menghubungkan petani dan konsumen secara langsung. Program ini rawan menjadi tanam paksa versi baru.

Pengalaman kegagalan proyek Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus menjadi pelajaran ketika merumuskan dan menjalankan kebijakan yang serupa, khususnya di bidang pertanian dan pangan.

Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) dalam Catatan Akhir Tahun 2021: Penggusuran Skala Nasional yang didiseminasi pada awal Januari 2022 menyatakan program penyediaan lumbung pangan nasional dengan nama food estate merupakan salah satu proyek strategis nasional yang digagas pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pembahasan lengkap bisa dibaca di artikel Food Estate Rawan Menjadi Cultuurstelsel Baru.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan jurnalisme berkedalaman yang dilengkapi data dengan perspektif yang kuat dan terkait langsung dengan kepentingan membangun masyarakat yang kompeten. Silakan mendaftarkan diri di kanal Espos Plus agar bisa mengakses konten-konten premium tersebut.

 

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Berita Terkini

Tiga Kota Ini Besok Cuacanya Panas, Mana Saja?

Banda Aceh, Surabaya dan Jakarta Pusat memiliki suhu maksimal 34 derajat Celcius.

Rayakan HUT Ke-65, Ini Bukti Astra Dukung Pendidikan Berkualitas

Selama 65 tahun berkarya, Astra telah membina lebih dari 21.000 sekolah, di antaranya merupakan 3.320 SMK, penyerahan 276.000 paket beasiswa.

Kuliah Umum di UNS, Menteri Bahlil Kisahkan Orang Tuanya Buruh & Tukang Cuci

Di hadapan 600-an mahasiswa UNS yang hadir secara luring, Bahlil Lahadalila mengatakan ada dua jenis pengusaha berdasarkan kondisinya, yakni pengusaha by nasab dan by nasib.

India Dihantam Gelombang Panas 49,2 Derajat Celcius

Gelombang panas itu merupakan yang kelima di Kota Delhi, India sejak Maret 2022.

Pakar Prediksi Pandemi Covid-19 Berakhir Maksimal Awal 2023

Akhir krisis kesehatan pandemi Covid-19 akan terjadi jika sepertiga negara di dunia telah masuk dalam kategori terkendali atau endemi.

Isu Strategis Penentu Kelancaran Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus bekerja keras menyelesaikan lima isu strategis yang akan menjamin kelancaran pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024.

Legawa Ditolak Singapura, UAS Masih Sisakan Kekecewaan Ini

Namun Abdul Somad masih menyisakan rasa kecewa lantaran perlakuan petugas Imigrasi Singapura dinilainya tidak manusiawi.

Jokowi Pernah Bilang Buka Masker 6 Bulan Lagi, Kenapa Mulai Hari Ini?

Saat meninjau proyek Sirkuit Formula E di Ancol Jakarta, Presiden Jokowi mengatakan tidak perlu tergesa-gesa dalam membuka masker, kira-kira enam bulan lagi.

Sumuk! Ini Penyebab Cuaca Panas Sepanjang Mei 2022

Inilah penyebab suhu udara di Indonesia terasa panas sepanjang Mei 2022.

Bangun Bendungan Raksasa, China Dituding Rusak Hutan Filipina

Proyek bendungan di Filipina yang dibiayai China dianggap telah merusak alam Pegunungan Sierra Madre yang merupakan hutan terbesar di negara tersebut.

1.432 Mahasiswa Kuliah di ITS PKU Muhammadiyah Solo, dari 29 Provinsi Hlo

Saat ini ITS PKU Muhammadiyah Solo telah memiliki 1.432 mahasiswa yang tersebar di delapan program studi yang saat ini ada di kampus tersebut.

Kuartal I/2022, PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) Raih US$813 Juta

Hasil keuangan kuartal I/2022 PT Barito Pasific Tbk. (BRPT) mencerminkan kinerja yang solid walaupun terdapat gejolak di pasar energi yang terjadi didorong oleh konflik Rusia-Ukraina.

Ceramah Ini Dijadikan Alasan Singapura Tolak Ustaz Abdul Somad

Ministry of Home Affairs atau MHA menyatakan menolak Ustaz Abdul Somad (UAS) masuk ke Singapura karena isi ceramah UAS dinilai mengandung ajaran ekstrimisme.

Pelaku Perjalanan ke Luar Negeri Wajib Bermasker Tiga Lapis

Pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) wajib mengenakan masker tiga lapis meskipun pandemi Covid-19 mulai mereda.

Henry Indraguna "Kowe Meneh" Jadi Anggota Tim Ahli Wantimpres

Henry Indraguna sebagai pengacara kondang juga penulis buku Memahami Tafsir Pasal Tindak Pidana Korupsi (Kaidah-Kaidah Hukum dan Doktrin-Doktrin) dipercaya membidangi Hukum dan Perundang-undangan.

Pelaku Perjalanan KA Tetap Wajib Pakai Masker

Bagi pelaku perjalanan, masker tetap wajib dikenakan baik saat berada dalam KA maupun selama berada di lingkungan stasiun.