SOLOPOS.COM - Ilustrasi teknologi blockchain yang menjadi ruang ekonomi baru. (Sumber: ekrut.com)

Solopos.com, SOLO — Ditinjau dari sisi teknologi, metaverse adalah peluang dan wahana memajukan bangsa. Ketika ditinjau dari sisi sumber daya manusia, metaverse mengandung ancaman serius.

Teknologi Internet kini yang memfasilitasi komunikasi antarmanusia secara nirbatas, bahkan menciptakan kebudayaan baru melalui media sosial, pada beberapa tahun mendatang akan lebih maju. Salah satu bentuk kemajuan adalah teknologi “tak sekadar menatap layar gadget” seperti yang dijalani hari-hari ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Teknologi awal yang kini jamak disebut metaverse itu mengajak pengguna Internet “masuk ke dalamnya”. Dalam konteks teknologi, kemajuan ini adalah potensi untuk diberdayakan demi pembangunan bangsa dan kemajuan bangsa.

Perubahan-perubahan yang akan terjadi karena teknologi metaverse ini dipastikan akan berdampak pada perubahan perilaku bahkan kebudayaan penggunanya. Dalam skala kekinian, gejala buruk itu telah terlihat. Silakan membaca selengkapnya di artikel Memahami Peluang Sekaligus Ancaman Metaverse.

Pulau Kalimatan relatif memiliki paparan risiko bencana multi-ancaman yang lebih kecil. Kalimatan Utara dan Kalimatan Tengah adalah dua provinsi dengan matriks paparan risiko bencana multi-ancaman paling kecil. Risiko multibahaya adalah parameter-paramter pembentuk bahaya, begitu juga risiko yang dihasilkan oleh masing-masing ancaman.

Metodologi yang dipakai BNPB dalam menyusun matriks tersebut adalah penentuan indeks risiko berdasarkan analisis penggabungan nilai indeks bahaya untuk semua jenis bahaya, nilai indeks kerentanan untuk semua jenis bahaya serta nilai indeks kapasitas untuk semua jenis bahaya. Data lengkap tersaji di artikel Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim.

Pemerintah terus berupaya mewujudkan perbaikan secara menyeluruh PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dengan harapan bisa bernasib baik seperti Philippine Airlines.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menuturkan langkah PKPU harus dimanfaatkan sebagai momentum merombak secara menyeluruh maskapai pelat merah tersebut. Dia berpendapat langkah PKPU yang saat ini ditempuh sudah tepat dan bakal berjalan dengan lancar.

Optimisme tersebut juga dilandasi contoh maskapai lain, misalnya Philippine Airlines. Maskapai tersebut baru-baru ini telah mengumumkan berhasil merestrukturisasi utang yang mencapai US$2 miliar. Duduk perkaranya bisa dibaca di artikel Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik.

Dewan Narkotika Thailand mempersilakan warganya menanam ganja  di rumah dengan syarat telah memberi tahu pemerintah daerah setempat. Pada 2018, Thailand menjadi negara Asia Tenggara pertama yang melegalkan ganja untuk penggunaan medis dan penelitian.

Selain memberi tahu kepada pemerintah setempat, tanaman ganja yang dibudidayakan warga Thailand tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial tanpa izin lebih lanjut. Ganja yang ditanam di rumah warga Thailand harus digunakan untuk tujuan medis, seperti obat tradisional. Kisah lengkap tersaji di artikel Pelegalan Ganja di Thailand, Antara Blunder dan Solusi Kesehatan.

Program food estate merupakan program pemerintah yang bertujuan menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan nasional. Melalui food estate ditargetkan terbentuk sebuah integrasi solid yang menghubungkan petani dan konsumen secara langsung. Program ini rawan menjadi tanam paksa versi baru.

Pengalaman kegagalan proyek Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus menjadi pelajaran ketika merumuskan dan menjalankan kebijakan yang serupa, khususnya di bidang pertanian dan pangan.

Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) dalam Catatan Akhir Tahun 2021: Penggusuran Skala Nasional yang didiseminasi pada awal Januari 2022 menyatakan program penyediaan lumbung pangan nasional dengan nama food estate merupakan salah satu proyek strategis nasional yang digagas pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pembahasan lengkap bisa dibaca di artikel Food Estate Rawan Menjadi Cultuurstelsel Baru.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan jurnalisme berkedalaman yang dilengkapi data dengan perspektif yang kuat dan terkait langsung dengan kepentingan membangun masyarakat yang kompeten. Silakan mendaftarkan diri di kanal Espos Plus agar bisa mengakses konten-konten premium tersebut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya