Pendidikan Sangat Penting untuk Bekal Memasuki Era Metaverse

Metaverse adalah teknologi penyedia peluang-peluang baru sekaligus mengandung ancaman-ancaman baru. Butuh ketangguhan kepribadian memasuki era teknologi ini agar inovatif dan tak diperbudak.

 Ilustrasi teknologi blockchain yang menjadi ruang ekonomi baru. (Sumber: ekrut.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi teknologi blockchain yang menjadi ruang ekonomi baru. (Sumber: ekrut.com)

Solopos.com, SOLO — Ditinjau dari sisi teknologi, metaverse adalah peluang dan wahana memajukan bangsa. Ketika ditinjau dari sisi sumber daya manusia, metaverse mengandung ancaman serius.

Teknologi Internet kini yang memfasilitasi komunikasi antarmanusia secara nirbatas, bahkan menciptakan kebudayaan baru melalui media sosial, pada beberapa tahun mendatang akan lebih maju. Salah satu bentuk kemajuan adalah teknologi “tak sekadar menatap layar gadget” seperti yang dijalani hari-hari ini.

PromosiPusat Perayaan Waisak, Candi Borobudur Simpan Misteri Siapa Penguburnya

Teknologi awal yang kini jamak disebut metaverse itu mengajak pengguna Internet “masuk ke dalamnya”. Dalam konteks teknologi, kemajuan ini adalah potensi untuk diberdayakan demi pembangunan bangsa dan kemajuan bangsa.

Perubahan-perubahan yang akan terjadi karena teknologi metaverse ini dipastikan akan berdampak pada perubahan perilaku bahkan kebudayaan penggunanya. Dalam skala kekinian, gejala buruk itu telah terlihat. Silakan membaca selengkapnya di artikel Memahami Peluang Sekaligus Ancaman Metaverse.

Pulau Kalimatan relatif memiliki paparan risiko bencana multi-ancaman yang lebih kecil. Kalimatan Utara dan Kalimatan Tengah adalah dua provinsi dengan matriks paparan risiko bencana multi-ancaman paling kecil. Risiko multibahaya adalah parameter-paramter pembentuk bahaya, begitu juga risiko yang dihasilkan oleh masing-masing ancaman.

Metodologi yang dipakai BNPB dalam menyusun matriks tersebut adalah penentuan indeks risiko berdasarkan analisis penggabungan nilai indeks bahaya untuk semua jenis bahaya, nilai indeks kerentanan untuk semua jenis bahaya serta nilai indeks kapasitas untuk semua jenis bahaya. Data lengkap tersaji di artikel Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim.

Pemerintah terus berupaya mewujudkan perbaikan secara menyeluruh PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dengan harapan bisa bernasib baik seperti Philippine Airlines.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menuturkan langkah PKPU harus dimanfaatkan sebagai momentum merombak secara menyeluruh maskapai pelat merah tersebut. Dia berpendapat langkah PKPU yang saat ini ditempuh sudah tepat dan bakal berjalan dengan lancar.

Optimisme tersebut juga dilandasi contoh maskapai lain, misalnya Philippine Airlines. Maskapai tersebut baru-baru ini telah mengumumkan berhasil merestrukturisasi utang yang mencapai US$2 miliar. Duduk perkaranya bisa dibaca di artikel Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik.

Dewan Narkotika Thailand mempersilakan warganya menanam ganja  di rumah dengan syarat telah memberi tahu pemerintah daerah setempat. Pada 2018, Thailand menjadi negara Asia Tenggara pertama yang melegalkan ganja untuk penggunaan medis dan penelitian.

Selain memberi tahu kepada pemerintah setempat, tanaman ganja yang dibudidayakan warga Thailand tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial tanpa izin lebih lanjut. Ganja yang ditanam di rumah warga Thailand harus digunakan untuk tujuan medis, seperti obat tradisional. Kisah lengkap tersaji di artikel Pelegalan Ganja di Thailand, Antara Blunder dan Solusi Kesehatan.

Program food estate merupakan program pemerintah yang bertujuan menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan nasional. Melalui food estate ditargetkan terbentuk sebuah integrasi solid yang menghubungkan petani dan konsumen secara langsung. Program ini rawan menjadi tanam paksa versi baru.

Pengalaman kegagalan proyek Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus menjadi pelajaran ketika merumuskan dan menjalankan kebijakan yang serupa, khususnya di bidang pertanian dan pangan.

Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) dalam Catatan Akhir Tahun 2021: Penggusuran Skala Nasional yang didiseminasi pada awal Januari 2022 menyatakan program penyediaan lumbung pangan nasional dengan nama food estate merupakan salah satu proyek strategis nasional yang digagas pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pembahasan lengkap bisa dibaca di artikel Food Estate Rawan Menjadi Cultuurstelsel Baru.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan jurnalisme berkedalaman yang dilengkapi data dengan perspektif yang kuat dan terkait langsung dengan kepentingan membangun masyarakat yang kompeten. Silakan mendaftarkan diri di kanal Espos Plus agar bisa mengakses konten-konten premium tersebut.

 

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kedubes RI Pertanyaan Alasan Singpura Tolak Abdul Somad

KBRI Singapura menerima informasi dari ICA Singapura bahwa penolakan (refusal of entry) didasarkan alasan tidak eligible untuk mendapatkan ijin masuk berdasarkan kebijakan imigrasi.

Diundang Jokowi, Elon Musk ke Indonesia November 2022

Elon Musk mengakui ada diskusi proyek masa depan dengan Presiden Jokowi dan akan datang ke Indonesia pada November 2022.

Bahas Video Marah-Marah, Yusuf Mansur: Saya Memang Ekspresif

Yusuf Mansur mengatakan dirinya memang tipikal orang yang ekspresif ketika menyampaikan sesuatu.

Rumah Dibom Molotov, Ustaz di Aceh Doakan Pelaku

Abdullah mengatakan saat pelemparan bom terjadi ia tidak berada di rumah karena sedang memenuhi undangan untuk menghadiri sebuah kegiatan syukuran kelahiran anak.

Aniaya Pelaku Balap Liar, 5 Polisi di Manokwari Ditahan

Kejadian pengeroyokan remaja oleh lima polisi itu terjadi pada Sabtu (14/5/2022) malam lalu.

Diterpa Banyak Masalah, Yusuf Mansur: Tak Ada Badai Semua Pelangi

Yusuf Mansur bahkan menyebut semua masalah yang menerpa dirinya saat ini sebagai pelangi.

IDI: Nakes Ucapkan Terima Kasih ke Airlangga Kendalikan Pandemi Covid-19

Menurut IDI, Airlangga Hartarto menjadi sosok sentral dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

5 Polres di Jateng Naik Level, Salah Satunya Klaten

Kelima Polres yang naik level tersebut yakni Polres Cilacap, Polres Magelang, Polres Pati, Polres Batang, dan Polres Klaten.

Imigrasi: Tidak Ada Masalah dengan Dokumen Abdul Somad

Penolakan Abdul Somad oleh Singapura sepenuhnya wewenang negara tetangga Indonesia tersebut.

Dokumen UAS Oke tapi Imigrasi Indonesia Tak Bisa Intervensi Singapura

Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI menyatakan tidak ada masalah keimigrasian dalam perkara yang menimpa Ustaz Abdul Somad (UAS) di Singapura.

Kejagung Kembali Tahan Mafia Minyak Goreng, Ini Sosoknya

Kejagung menetapkan analis independen Lin Che Wei sebagai bagian dari mafia minyak goreng yang bekerja sama dengan oknum di Kementerian Perdagangan.

Selain Indonesia, Ini Negara yang Membebaskan Warganya Tak Bermasker

Sebelum Indonesia, sejumlah negara sudah lebih dulu membolehkan warganya tak lagi memakai masker di tempat umum.

Pengacara: Korban Yusuf Mansur Silakan Hubungi Saya, Gratis!

Zaini mengatakan, apa yang dilakukan Yusuf Mansur kepada banyak investor dalam beberapa investasi yang digalangnya sebagai bentuk kezaliman.

Pelonggaran Masker Berlaku Per 18 Mei 2022

Pemerintah mengingatkan pelonggaran masker tersebut tidak berlaku bagi warga yang rentan penyakit serta yang dalam kondisi badan tidak sehat.

Elon Musk Ancam Batalkan Beli Twitter, Ini Alasannya

Twitter yang tidak mau memberikan data tentang akun bot kurang dari 5 persen dari pengguna, membuat Elon Musk mengacam batalkan pembelian Twitter.

Datangi Jakarta, Petani Sawit Tuntut 5 Hal ke Presiden Jokowi

Mereka mengadukan nasib petani sawit terkait pelarangan ekspor sawit oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).