SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Pendidikan Rembang yang segera melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bakal dikawal PLN setempat.

Semarangpos.com, REMBANG — PLN Rembang siap menjaga keandalan jaringan guna memastikan pasokan energi listrik tetap lancar selama pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP dan SMA. “Kami juga sudah menyiapkan skema pengaturan beban jika terjadi gangguan agar UNBK di Kabupaten Rembang tetap berjalan lancar,” kata Manajer PLN Rembang Sion Sihono di Rembang, Jawa Tengah, Kamis (8/3/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama masa Ujian Nasional Berbasis Komputer itu, kata dia, jalur listrik yang menyuplai sekolah-sekolah menjadi prioritas. Jadwal pemeliharaan jaringan listrik yang bersamaan dengan pelaksanaan UNBK juga sudah diatur ulang sehingga saat UNBK tidak ada pemadaman terencana. Beberapa sekolah di Kabupaten Rembang, lanjut dia, juga sudah mengajukan penambahan daya listrik guna memastikan kecukupan daya selama proses UNBK.

Sion mengatakan bahwa sekolah baru bisa memastikan kebutuhan daya listriknya setelah komputer terpasang seluruhnya. “Berapa pun penambahan daya yang diajukan, kami siap melayani,” ujarnya.

Selain jadwal pemeliharaan, kata Humas PLN Area Kudus Muhdam Azhar, sejumlah regu pelayanan teknik dan trafo mobile juga disiagakan. “PLN Rembang mengerahkan sedikitnya enam regu per hari yang siaga selama 24 jam serta lima trafo mobile yang tersebar di pos-pos jaga,” ujarnya.

Selain disiagakan di PLN Rembang, petugas juga disiagakan di pos jaga yang ada di Sulang, Karas, Kragan, dan Lasem. Dalam rangka memastikan tidak ada permasalahan soal listrik, masing-masing sekolah yang melaksanakan UNBK, diimbau berkoordinasi penuh dengan kantor-kantor rayon PLN meliputi Kabupaten Kudus, Rembang, Pati, Jepara, dan Blora.

Langkah tersebut diperlukan agar tidak terjadi kendala yang berarti selama pelaksanaan UNBK. “Saat ini PLN Area Kudus sudah berkoordinasi dengan semua rayon untuk segera membuat skema dan jadwal pemeliharaan yang baik agar tidak mengganggu proses UNBK,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya