SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sosialisasi Pemilu

Sosialisasi Pemilu

Kanalsemarang.com, KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tetap melanjutkan rencana pembuatan buku yang berisi pelaksanaan pemilu selama 2014 sebagai sarana pendidikan politik bagi masyarakat, meskipun RUU Pilkada baru saja disahkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Agenda pembuatan buku yang berisi tentang proses awal sebelum pelaksanaan Pemilihan Legislatif 2014 maupun Pemilu Presiden 2014 hingga akhir tetap dilanjutkan,” kata Ketua KPU Kudus, Moh. Khanafi, seperti dikutip Antara, Senin (29/9/2014).

Persiapan penyusunan buku pendidikan politik bagi masyarakat tersebut, katanya, sudah hampir rampung sehingga dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan proses cetak.

Meskipun saat ini sudah ada pengesahan Undang-Undang Pilkada dengan mengembalikan kedaulatan kepada DPRD dalam memilih kepala daerah, katanya, rencana tersebut tetap dilanjutkan sambil menunggu instruksi dari KPU Pusat.

“Apapun keputusannya nanti kami tetap terima, termasuk kemungkinan adanya likuidasi,” ujarnya.

Demikian halnya, kata dia, rencana sosialisasi terhadap pemilih pemula juga akan dilakukan lewat jalinan kerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat guna memberikan sosialisasi kepada siswa SMP karena pada tahun 2018 dimungkinkan mereka akan mengikuti pemilihan kepala daerah.

KPU Kudus rencananya juga akan mengajarkan pendidikan pemilu sejak dini lewat pemilihan pengurus OSIS dengan harapan setelah terbiasa mengikuti pemilu, pilihannya benar-benar berdasarkan pilihan pribadi bukan karena faktor uang.

Lewat buku tersebut, kata Khanafi, masyarakat akan mengetahui persiapan awal yang dilakukan oleh KPU hingga terpilihnya 45 anggota legislatif di Kabupaten Kudus.

Nantinya, di dalam buku tersebut juga akan disertakan profil anggota DPRD Kudus terpilih karena menjadi bagian pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 di Kudus.

Demikian halnya, persiapan awal penyelenggaraan Pilpres hingga berakhirnya masa pemilu tersebut juga akan dituangkan dalam buku sehingga masyarakat awam yang tidak mengetahui proses awal hingga akhir bisa memahaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya