SOLOPOS.COM - Salah seorang peserta Pekan Seni Pelajar 2016 saat tampil dengan menyanyikan lagu nasional, Kamis (28/7/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Pendidikan Pacitan, ratusan siswa sekolah dasar mengikuti Pekan Seni Pelajar 2016 di Alun-alun Pacitan.

Madiunpos.com, PACITAN — Ratusan siswa sekolah dasar se-Pacitan mengikuti Pekan Seni Pelajar Jenjang Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Pacitan 2016 di Alun-alun Pacitan. Ada enam perlombaan yang diikuti oleh ratusan siswa dalam ajang tingkat kabupaten itu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pantauan Madiunpos.com di Alun-alun Pacitan, Kamis (28/7/2016), suasana berbeda terjadi di alun-alun yang biasanya lengang. Ratusan siswa sekolah dasar memadati alun-alun yang berada di depan kantor Pemkab Pacitan. Mereka menyaksikan teman-teman mereka yang sedang mengikuti lomba menyanyi.

Panitia Pekan Seni Pelajar Jenjang Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Pacitan 2016, Joko Suyanto, mengatakan kegiatan Pekan Seni Pelajar ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Rabu hingga Kamis (27-28/7/2016) di Alun-alun Pacitan. Ada enam perlombaan yang diselenggarakan dalam kegiatan itu, antara lain lomba menyanyi, lomba pidato bahasa Jawa, lomba gamelan, lomba tari remo, lomba hadrah, dan lomba baca puisi.

Joko menyampaikan untuk peserta lomba tersebut adalah perwakilan dari masing-masing kecamatan yang ada di Pacitan. Untuk setiap perlombaan, jumlah peserta berbeda-beda, karena ada lomba yang diikuti perseorangan dan diikuti grup.

“Kalau untuk lomba menyanyi jumlah pesertanya ada 24 orang yang terdiri dari 12 peserta putra dan 12 peserta putri. Di Pacitan ada 12 kecamatan dan setiap kecamatan hanya berhak mengirimkan satu peserta untuk satu kategori,” jelas dia saat berbincang dengan Madiunpos.com di alun-alun setempat, Kamis.

Dia menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan anak-anak sebagai generasi penerus yang berkemampuan tinggi dalam bidang seni. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat bakat siswa terhadap seni budaya .

Menurut dia, Pekan Seni Pelajar ini diharapkan bisa untuk mengasah kemampuan anak di bidang seni. “Perlombaan yang dipertandingkan ini kan syarat akan nilai-nilai lokal dan nasionalisme, ini supaya siswa bisa belajar dan mengembangkan nilai-nilai budaya luhur itu,” jelas dia.

Lebih lanjut, ada beberapa loma yang nanti untuk juaranya akan mengikuti seleksi di tingkat provinsi, yaitu seperti lomba baca puisi, lomba menyanyi, dan lomba pidato bahasa Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya