SOLOPOS.COM - PENGHITUNGAN SUARA

Pendidikan Klaten melakukan inovasi unik dalam pemilihan ketua OSIS. SMAN 1 Klaten menggelar pemilihan ketua OSIS dengan cara online.

Solopos.com, KLATEN – Seperti yang digelar di sekolah lainnya, setiap tahun murid di SMAN 1 Klaten mengadakan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Para siswa bakal menyalurkan suara mereka guna menentukan ketua OSIS sekolah setempat pada Kamis (27/8/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, ada hal menarik pada pemiihan tahun ini. Para siswa untuk kali pertama menyalurkan suara mereka secara online. Sebuah website yang merupakan subdomain dari website sekolah setempat sudah dibikin. Website dengan alamat pemilu.sman1-klt.sch.id itu bisa dibuka menggunakan gadget, komputer, ataupun laptop yang memiliki akses Internet.

Ketua Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 1 Klaten, Rizal Hamdi, mengatakan munculnya ide untuk menggelar pemilihan ketua OSIS berawal dari mepetnya waktu menggelar pemilihan pengurus OSIS sekolah setempat. Waktu yang tersedia hanya sekitar 1,5 bulan sebelum pemilihan dilakukan.

Proses pemilihan online juga tercetus dari hasil evaluasi pemilu yang dilakukan tahun sebelumnya. Sebelumnya, proses pemilihan dilakukan secara manual dengan mengisi angket.

“Kami dari MPK memiliki ide untuk berinovasi mengadakan pemilu yang lebih efisien dan efektif serta hemat waktu. kami juga berpikir seiring majunya teknologi kenapa tidak mengimplementasikan ke sebuah penyaluran demokrasi,” kata dia, Rabu (26/8/2015).

Dari sejumlah alasan itulah, MPK lantas menggandeng organisasi lain di SMAN 1 Klaten yang selama ini berkecimpung di bidang IT yakni SECURE membikin sebuah website pemilihan ketua OSIS.

Sama halnya dengan proses pemilu pada umumnya, para calon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi mereka. Ada dua pasang kandidat yang bakal dipilih para siswa yakni Gumelar yang merupakan Mitratama atau calon Ketua OSIS serta Seno sebagai Mitramuda yang merupakan calon Wakil Ketua OSIS. Pasangan lainnya adalah Megan sebagai calon Ketua OSIS serta Akmal sebagai calon Wakil Ketua OSIS.

“Sudah ada serangkaian tahapan seperti wawancara, forum group disccussion, kampanye orang di setiap kelas hingga saat upacara,” katanya.

Koordinator dan tim IT SMAN 1 Klaten, Wisnu Utomo, mengatakan timnya sudah melakukan beragam penyesuaian agar hanya murid SMAN 1 Klaten sebagai pemilih yang memiliki kata kunci guna masuk ke dalam sistem pemilihan online. Kata kunci itu bakal dibagikan kepada seluruh murid saat hari pemilihan dan dirancang agar berfungsi sekali serta untuk satu siswa saja. “Kami tidak menggunakan biaya apapun alias nol rupiah karena menginduk pada website sekolah,” katanya.

Proses pemberian suara bakal dilakukan pada Kamis (27/8/2015) pukul 12.15-14.50 WIB. Pada pukul 15.00 WIB, hasil hitung cepat pemilu OSIS bakal diketahui. “Sistem sudah dikunci. Kami menerapkan generator password. Jadi, asas jujur, langsung, umum, dan rahasia tetap terjaga. Kami pun tidak mengetahui siapa memilih siapa dalam pemungutan suara ini. Dari hasil pemilu ini nanti juga dapat diketahui berapa jumlah pemilih dan siapa yang golput,” katanya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Aris Sutaka, mendukung sepenuhnya inovasi yang dilakukan para siswa. Proses tersebut bakal dievaluasi dan dimungkinkan untuk digelar pemilihan selanjutnya. “Pemilihan online lebih efektif karena tidak perlu mencetak surat suara. Sementara, pada pemilihan secara konvensional membutuhkan banyak kertas. Padahal jumlah siswa sekitar 998 orang,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya