SOLOPOS.COM - Ilustrasi kejuaraan anggar. (JIBI/Solopos/Dok.)

Dua siswa SMA Muhammadiyah 1 Klaten ikut kejuaraan anggar internasional di Malaysia.

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak dua siswa SMA Muhammadiyah 1 Klaten mengikuti kejuaraan anggar internasional bertajuk South East Asia Fencing Federation (SEAFF) Championship 2018 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Kedua siswa itu berasal dari kelas bakat istimewa olahraga (BIO).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kedua siswa adalah Ichwan Zulkarnain dari kelas X IPA 4 program kelas BIO serta Yulian M. Adhitama dari kelas XII IPA 4. (baca: PENDIDIKAN KLATEN : SMKN 2 Klaten Ikut Rintis Produksi Mobil Pedesaan untuk Petani)

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Aris Munawar, mengatakan kedua siswa itu berangkat ke Malaysia pada Rabu (17/1/2018) guna mengikuti kejuaraan yang dihelat pada Kamis-Sabtu (18-20/1/2018).

Aris menjelaskan kedua siswa itu bisa mengikuti kejuaraan anggar tingkat Asia Tenggara lantaran prestasi mereka beberapa waktu terakhir. Keduanya pernah menyabet medali emas serta perak saat digelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar 2016. Pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Anggar Jawa Tengah 2017 lalu, Yulian menyabet medali emas sementara Ichwan menyabet medali perak.

“Prestasi-prestasi itulah membuat kedua siswa kami terpilih untuk ikut pada kejuaraan di Malaysia,” kata Aris saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu.

Kedua siswa berasal dari kelas program BIO. Kelas khusus tersebut diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi di bidang olahraga.

“Sudah lima tahun terakhir program kelas BIO ada di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Untuk program itu kami kerja sama dengan KONI. Pagi siswa mengikuti kegiatan sekolah, pulang mereka kegiatan olahraga sesuai bakat yang dimiliki,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Klaten, Otto Saksono, menjelaskan bentuk kerja sama antara KONI dengan SMA Muhammadiyah 1 Klaten yakni KONI menyiapkan pelatih sesuai dengan olahraga yang diminati siswa. Hal itu dilakukan sebagai bagian pembinaan bibit-bibit atlet di Kabupaten Bersinar.

“Alhamdulillah apabila ada dua siswa yang bisa terkirim ke Malaysia untuk mengikuti kejuaraan anggar. Kedepan, mereka bisa menjadi atlet unggulan KONI. Untuk atlet pelajar, pembinaannya masuk ke Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya