SOLOPOS.COM - Pelajar SMAN 2 Karanganyar mengikuti UNBK pada hari kedua, Selasa (11/4/2017), dengan mata pelajaran Matematika?. (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Pendidikan Karanganyar, pengelola sekolah mencari dana sendiri untuk penyelenggaraan UNBK.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pengelola SMA di Karanganyar harus mengupayakan sendiri dana penyelenggaraan UNBK karena dana operasional dari pemerintah belum cair.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akibatnya, sejumlah sekolah terpaksa menghilangkan beberapa kebutuhan yang mengeluarkan biaya besar. SMAN 2 Karanganyar melakukan hal itu pada UNBK 2017. Mereka tidak menyewa genset seperti tahun lalu.

Kepala SMAN 2 Karanganyar, Suliyastuti, menuturkan sekolah berkoordinasi dengan PLN agar tidak memadamkan listrik saat UNBK. “Kami enggak sewa genset seperti tahun kemarin karena anggaran belum turun. Penyelenggaraan UNBK kami upayakan cari-cari dana karena memang tidak boleh memungut. Ya bagaimana caranya kepala sekolah yang penting UNBK jalan,” kata Sulis, sapaan akrab Suliyastuti, saat ditemui wartawan di sekolah, Selasa (11/4/2017).

Sebanyak 376 siswa dari total 377 siswa mengikuti UNBK tahun 2017. Seorang siswa perempuan kelas XII IPA tidak dapat mengikuti UNBK karena meninggal dunia. Dia mengalami kecelakaan beberapa hari sebelum UNBK.

Sulis menuturkan pelaksanaan UNBK lancar. Mereka tidak mengalami kendala kelistrikan maupun sambungan Internet. Hal senada disampaikan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Karanganyar, Bagus Nugroho.

Bagus menyampaikan masing-masing sekolah berupaya penyelenggaraan UNBK tanpa terkendala dana. Salah satu alokasi dana yang harus dikeluarkan saat UNBK adalah uang transportasi pengawas. Sekolah menanggung biaya tersebut.

Bagus menyampaikan kendala dana operasional menjadi persoalan sejumlah sekolah di Karanganyar. Dia mengaku belum mengecek apakah dana operasional dari pemerintah sudah turun atau belum.

Sebanyak 4.316 siswa SMA/MA mengikuti UNBK 2017. Bagus menyampaikan pelaksanaan UNBK lancar hingga hari kedua. Dia belum menerima laporan kendala kelistrikan maupun sambungan Internet.

“Katanya akan cair pada hari H pelaksanaan UN. Tetapi, saya belum cek. Kalau UNBK sejauh ini lancar. Enggak ada laporan kendala apalagi soal dana. Masing-masing sekolah sudah berupaya,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Sementara itu, Kepala MAN Karanganyar, Sediyoko, mengungkapkan pelaksanaan UNBK di MAN tidak memiliki kendala. Sekolah di bawah Kementerian Agama itu tidak terkendala dana operasional. Ini merupakan kali pertama MAN Karanganyar melaksanakan UNBK.

Dia bersyukur pelaksanaan UNBK berjalan lancar. “Kami enggak ada masalah dana karena sudah beres. Ada 529 siswa yang ikut UNBK. Tidak ada yang absen, tidak ada kendala kelistrikan, tidak ada persoalan sambungan internet. Semoga terus-terusan lancar sampai akhir UNBK,” ujar dia.

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Selamat! Ini Daftar Pemenang Lomba Buku Cerita Anak 2024 Balai Bahasa Jateng

Selamat! Ini Daftar Pemenang Lomba Buku Cerita Anak 2024 Balai Bahasa Jateng
author
Muh Khodiq Duhri Kamis, 25 April 2024 - 14:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) mengumumkan daftar pemenang seleksi buku cerita anak 2024. (Istimewa/Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah).

Solopos.com-Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) mengumumkan para pemenang Seleksi Buku Cerita Anak Jawa-Indonesia Berbasis Komunitas 2024.

Pada 2023 lalu, 110 karya terbaik dari ajang ini berhasil diterbitkan jadi buku. Lomba ini dimulai sejak Januari hingga Maret 2024 dan telah menjaring 434 buku cerita anak jenjang B1 yang diperuntukkan bagi siswa umur 6-8 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BBPJT Syarifuddin menjelaskan pada ajang seleksi buku tahun ini diikuti lebih banyak peserta dari tahun sebelumnya. Kali ini seleksi melibatkan 172 penulis, 193 penerjemah, 184 ilustrator, dan 153 penyunting. Mereka tergabung dalam komunitas penulis-penerjemah se-Jawa Tengah.

“Animo masyarakat Jawa Tengah untuk terlibat dalam kegiatan ini sungguh luar biasa. Kegiatan ini merupakan upaya nyata BBPJT dalam pelestarian bahasa Jawa, penerjemahan karya sastra, sekaligus pengembangan literasi di kalangan siswa, guru, dan masyarakat. Semoga minat masyarakat Jawa Tengah dalam kegiatan penulisan dan penerjemahan ini terjaga dan semakin berkembang di tahun-tahun mendatang,” ujar Syarifuddin.

Koran Solopos

Selain diharapkan dapat menumbuhkan semangat komunitas pegiat literasi di Jawa Tengah untuk berkarya, hasil karya berupa buku cerita anak jenjang B1 merupakan wujud kontribusi BBPJT dalam meningkatkan jumlah referensi untuk jenjang B1 yang sangat minim. Apalagi dengan paduan dua bahasa Jawa dan Indonesia sebagai upaya pelestarian bahasa daerah.

Panitia seleksi, Ika Inayati, mengatakan pada 2024 ini, tema pengembangan diri paling banyak dipilih oleh penulis, disusul oleh tema alam dan lingkungan, seni dan budaya, tokoh, pariwisata, ekonomi kreatif, sains, dan terakhir, Matematika. Selain itu, fokus karakter berpikir kritis, kreatif, cinta lingkungan menjadi fokus karakter yang paling banyak diangkat oleh para penulis dalam cerita mereka.

“Selain tema dan fokus karakter, seleksi ini juga menilai isi cerita, penerjemahan, dan ilustrasi. Juri yang terlibat dalam kegiatan ini adalah praktisi cerita anak dan peneliti cerita anak di Jawa Tengah. Seratus buku terbaik telah dipilih dan komunitas penulis-penerjemah akan mendapatkan hadiah Rp8 juta dikurangi pajak,” ujar Ika Inayati.

Emagazine Solopos

Ika Inayati menambahkan saat ini pengumuman nama-nama peserta yang lolos seleksi sudah dapat dilihat. Kepada para komunitas penulis, penerjemah yang telah mengirimkan karyanya, diharapkan dapat mengakses pengumuman seleksi melalui laman dan media sosial BBPJT atau di link https://drive.google.com/file/d/1l6jxVW7gXay8Bih3UNMOteDzzZ_KGtiY/view. “Kami berharap dengan ajang ini semakin banyak penulis, penerjemah, ilustrator, dan penyunting di Jawa Tengah yang dapat menerbitkan karya”, pungkasnya.

Peserta yang lolos seleksi merupakan yang memperoleh penilaian tertinggi dalam proses penjurian. Juri pada ajang ini adalah para praktisi profesional yang memperhatikan aspek-aspek yang cukup detail, sehingga karya yang lolos adalah yang memenuhi indikator penilaian. Tahun ini BBPJT hanya meloloskan seratus buku terpilih dan akan segera diajukan proses mendapatkan ISBN dan segera dapat diunggah melalui laman perpustakaan BBPJT agar dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Banjir Peminat, Segini Honor Ketua Anggota PPK Pilkada Sukoharjo

Banjir Peminat, Segini Honor Ketua Anggota PPK Pilkada Sukoharjo
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Kamis, 25 April 2024 - 13:59 WIB
share
SOLOPOS.COM - Komisioner KPU Sukoharjo Murwedhy Tanomo saat ditemui dalam kegiatannya di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Sabtu (10/2/2024). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO – Baru dua hari, jumlah pendaftar rekrutmen calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024 sudah sekitar 80 orang. Sementara honorarium PPK Pilkada Sukoharjo tak beda jauh dibanding Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo telah membuka rekrutmen PPK untuk Pilkada Sukoharjo sejak Selasa (23/4/2024). Pendaftaran rekrutmen anggota PPK dilakukan secara online melalui aplikasi sistem informasi anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA). Masyarakat yang berminat mendaftar sebagai anggota PPK wajib mengisi formulir secara online di aplikasi SIAKBA.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Sukoharjo, Murwedhy Tanomo, mengatakan sejak hari pertama dibuka hingga Kamis (25/4/2024) siang, jumlah pendaftar mencapau 80 orang.

“Jumlah kebutuhan anggota PPK sebanyak lima orang di masing-masing kecamatan. Artinya, lima orang dikalikan 12 kecamatan sebanyak 60 orang. Peminat untuk jadi PPK cukup tinggi,” kata dia, Kamis (25/4/2024).

Koran Solopos

Wedhy, sapaan akrabnya, mengatakan tahap rekrutmen calon anggota PPK dilanjutkan dengan verifikasi berkas administrasi hingga 3 Mei. Kemudian, hasil verifikasi berkas administrasi bakal diumumkan pada 4-5 Mei.

Para pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi wajib mengikuti seleksi tertulis pada 6-8 Mei. Proses seleksi tertulis berbasis sistem computer assisted test (CAT). Sementara hasil seleksi tertulis bakal diumumkan pada 9-10 Mei.

“Perekrutan calon anggota PPK melibatkan masyarakat. Masyarakat bisa memberikan tanggapan dan masukan terhadap hasil seleksi tertulis calon anggota PPK,” kata dia.

Emagazine Solopos

Tahap seleksi selanjutnya adalah wawancara pada 11-13 Mei. Sedangkan, calon anggota PPK yang dinyatakan lolos diumumkan pada 15 Mei. Sementara pelantikan calon anggota PPK direncanakan pada 16 Mei.

Ditanya soal honorarium anggota PPK, Wedhy mengatakan honor badan ad hoc untuk Pilkada Sukoharjo tak beda jauh dibanding Pemilu 2024. Besaran honor badan ad hoc pada Pilkada 2024 diatur dalam Keputusan KPU No 472/2022 terkait Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) di lingkungan KPU, KPU provinsi dan kabupaten/kota dalam rangka tahapan pemilihan tahun 2024.

Dalam aturan itu telah dirinci besaran honorarium petugas penyelenggara pemilu sesuai jabatannya. Honor ketua PPK Rp2,5 juta/bulan dan anggota Rp2,2 juta/bulan, tak berubah.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Pengusaha dan Kepala Desa Ikut Daftar Calon Bupati Tegal Lewat PDIP

Pengusaha dan Kepala Desa Ikut Daftar Calon Bupati Tegal Lewat PDIP
author
Mariyana Ricky P.D Kamis, 25 April 2024 - 13:58 WIB
share
SOLOPOS.COM - Lambang PDIP. (Dok Solopos)

Solopos.com, TEGAL – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), telah menerima dua pendaftar bakal calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) Tegal 2024-2029. Dua orang itu adalah KRT Rosa Mulya Aji dan Kepala Desa Yamansari atau HM Mu’min.

Hal tersebut disampaikan Desk Pilkada 2024 DPC PDIP Kabupaten Tegal, Rudi Suswanto. Ia mengatakan, KRT Rosa Mulya Aji dan HM Mu’min baru sebatas mengambil formulir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi belum jelas apakah mereka akan mendaftar sebagai calon bupati [G1] atau wakil bupati [G2],” kata Rudi, Kamis (25/4/2024).

Disinggung mengenai arah koalisi, Rudi mengaku PDIP memiliki instruksi untuk tidak berkoalisi dengan beberapa partai yang telah ditentukan oleh Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, ia enggan membocorkan mana saja partai-partai yang dilarang oleh DPP PDIP itu.

Koran Solopos

“Kita akan berkoalisi, tetapi harus menghindari berkoalisi dengan partai-partai tertentu sesuai dengan instruksi DPP. Tapi saya tidak bisa menyebutkan partai-partai tersebut,” dalihnya.

Adapun mengenai pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Tegal di PDIP telah dibuka sejak 5 April hingga 31 Mei 2024. Partai berlambang banteng moncong putih itu saat ini hanya menerima para pendaftar, sementara rekomendasi diserahkan sepenuhnya kepada DPD dan DPP PDIP.

“Persyaratan pendaftaran mengikuti PKPU [peraturan Komisi Pemilihan Umum], dan bakal calon dari PDIP wajib memiliki KTA [Kartu Tanda Anggota] yang bisa diperoleh setelah pengembalian formulir,” jelasnya.

Emagazine Solopos

Terpisah, Kepala Desa Yamansari, Kecamatan Lebaksiu, HM Muhammad Mu’min, ketika mendaftar didampingi oleh para pendukungnya untuk mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Tegal.

Ia mengaku maju sebagai calon Bupati Tegal 2024-2029 karena didukung dan dorongan dari rekan-rekannya sesama kepala desa yang tergabung dalam Pradja Kabupaten Tegal.

“Dengan mendaftarkan diri dan maju sebagai bakal calon Bupati Tegal pada Pilkada nanti. Saya berharap rekomendasi dari DPP PDIP bisa jatuh kepada saya. Formulir akan segera kami kembalikan dalam waktu dekat,” kata Mu’min.

Interaktif Solopos

Melalui langkah ini, HM Mu’min semakin menegaskan niatnya untuk memimpin Kabupaten Tegal di masa mendatang. Keputusan PDIP mengenai rekomendasi untuk HM Mu’min diharapkan segera diumumkan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories