PENDIDIKAN JATENG : Gubernur Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Lebih Perhatikan Anak

PENDIDIKAN JATENG : Gubernur Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Lebih Perhatikan Anak

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan) dan Muhammad Zinedine Alam Ganjar (kedua dari kiri). (Instagram-@ganjar_pranowo)

Pendidikan oleh orang tua anak-anak di Jateng juga menjadi perhatian Gubernur Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyoroti pendidikan generasi muda Jateng oleh orang tua mereka. Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama yang sudah menjadi orang tua, untuk lebih memperhatikan anak-anak mereka sehingga tidak melakukan berbagai hal negatif.

"Kalau kita tidak rukun, anaknya tidak digendong, tidak ditunggui, tidak disayang, nanti malah mencari perhatian atau kasih sayang di luar keluarga dengan penyalahgunaan narkoba serta melakukan tindak kekerasan," tutur Gubernur Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Jateng, Senin (5/2/2018).

Ganjar Pranowo yang tahun ini kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng sebagai bagian dari rangkaian dari pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 itu lalu mengungkap keprihatinannya dengan beberapa kasus kekerasan yang dilakukan oleh para pelajar di berbagai daerah, akhir-akhir ini.

Beberapa kasus kekerasan itu adalah pemukulan siswa terhadap seorang guru yang berujung ke kematian guru di Sampang Madura dan perampokan yang disertai pembunuhan sopir taksi online di Kota Semarang oleh dua pelajar SMK. Selain kekerasan yang dilakukan para pelajar, ayah satu putra itu juga mengaku khawatir dengan semaraknya peredaran narkoba yang semakin luas dan bukan hanya menjangkau golongan masyarakat tertentu, namun siapapun menjadi sasaran peredarannya.

"Sekarang ini narkoba sudah masuk ke berbagai lapisan masyarakat, ada pelajar, ada pegawai negeri sipil, TNI/Polri juga ada [yang menyalahgunakan]," ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan yang dalam pilkada atau Pilgub Jateng 2018 medatangkan dipasangkan partainya dengan politikus PPP Taj Yasin sebagai calon wakil gubernur itu juga mengimbau para orang tua agar mendampingi anak mereka dalam belajar sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh masing-masing anak. "Orang tua jangan memberi tekanan yang berlebihan, apalagi sampai memaksakan kehendak pada anak saat belajar," pintanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.