SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (Twitter.com-Kominfo_jtg)

Pendidikan di Jateng kemajuannya ditandai dengan lulusnya 233 SMKN yang akan diwisuda Gubernur Ganjar Pranowo.

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, akan mewisuda 233 lulusan SMK negeri yang selama ini dibiayai oleh Pemprov Jateng di Lapangan SMKN Jateng, Jalan Brotojoyo 1, Semarang, Sabtu (17/6/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala SMKN Jateng Drs Diana MT mengatakan 233 lulusan SMKN yang akan diwisuda itu terdiri dari alumni tiga SMK negeri di Jateng yang dibiayai Pemprov Jateng, yakni SMKN Jateng di Semarang, SMKN Jateng di Pati, dan SMKN 3 Purbalingga.

SMKN Jateng di Semarang tahun ini meluluskan 118 siswa dari lima program studi keahlian, yakni teknik bangunan, teknik elektronika, teknik ketenagalistrikan, teknik mesin dan teknik otomotif.  Sedangkan, SMKN Jateng di Pati meluluskan 48 siswa angkatan pertamanya dari dua program studi, yaitu agribisnis pengolahan hasil pertanian dan teknik otomotif. Sementara, SMK Negeri 3 Purbalingga pada tahun ini meluluskan angkatan ketiga yang berjumlah 67 siswa dari satu program keahlian, yakni mesin yang terbagi menjadi dua kompetensi, teknik pemesinan dan pengelasan.

Perlu diketahui, ketiga SMK gratis itu selama ini mengunakan sistem boarding school, alias beasiswa penuh selama tiga tahun masa pendidikan. Dan yang berhak mengikuti pendidikan merupakan anak yang berasal dari keluarga miskin.

[Baca juga PENDIDIKAN JATENG : Pemprov Berencana Menambah SMK Gratis]

Seleksi masuk dilakukan secara home visit demi memastikan calon siswa benar-benar berasal dari keluarga tidak mampu. Home visit ini dilakukan setelah calon siswa lolos seleksi akademis, kesehatan, dan psikologi.

Selama pendidikan, lanjut Diana, para siswa juga mendapatkan tempaan karakter agar memiliki sikap hormat, santun, dan peduli dengan keberadaan orang lain maupun lingkungan sosial. Prestasi akademis siswa di SMK ini pun cukup menonjol, antara lain peringkat I Ujian Nasional kategori SMK Negeri se-Jateng, meraih nilai 100 pada UN Matematika yang dicapai tujuh siswa, Juara I Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) Kimia tingkat Jateng, dan Juara I Nasional Lomba Kewirausahaan BMC di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

“Lulusan terbaik meraih nilai UN 94,2. Sebanyak 42 persen lulusan sudah tersalurkan di sektor industri dan sekitar 5% ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Tentunya, peluang kerja langsung bisa membantu ekonomi keluarga. Tapi, ada juga siswa yang didorong orang tuanya menjadi tentara/polisi,” terang Diana dalam siaran pers kepada Semarangpos.com, Kamis (15/6/2017).

Rangkaian wisuda itu nantinya juga akan diisi dengan diskusi bersama Gubernur Jateng dengan tema Lulus SMK, Mau Ke Mana?. Hadir dalam acara itu dari kalangan dunia usaha, pimpinan perguruan tinggi se-Jateng dan DIY, instansi terkait, serta orang tua wali wisudawan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya