PENDIDIKAN JATENG : Akui Perlunya Pendidikan Berbasis Agama, Ganjar Pranowo Sumbang Ponpes

PENDIDIKAN JATENG : Akui Perlunya Pendidikan Berbasis Agama, Ganjar Pranowo Sumbang Ponpes

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (Twitter.com-Kominfo_jtg)

Pendidikan berbasis agama diakui Gubernur Ganjar Pranowo perlunya dikembangan di Jateng.

Solopos.com, PURWOKERTO — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkomitmen mengembangkan pendidikan berbasis agama yang tersebar di 35 kabupaten dan kota provinsi ini. “Keberadaan pendidikan berbasis agama yang tersebar di pelosok Jateng sangat penting dikembangkan sebagai sarana mendidik dan membentuk karakter generasi bangsa," kata Gubernur Ganjar Pranowo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Rabu (7/2/2018).

Terkait dengan hal itu, gubernur incumbent atau petahana yang kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 itu menyatakan berbagai bantuan pemerintah di semua tingkatan diperlukan guna memajukan pendidikan berbasis agama tersebut. Itu pula mungkin pasalnya, dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Banyumas tersebut, Ganjar sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, menyerahkan bantuan Rp50 juta kepada pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama (NU) Sulyifa Ul Qulub.

Ganjar mengungkapkan, selama ini, tidak sedikit proposal permohonan bantuan masuk ke Pemprov Jateng dan berbagai upaya pun dilakukan guna memenuhi permintaan bantuan tersebut, antara lain dengan menggandeng perusahaan-perusahaan dengan penyaluran tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) serta menggalakkan zakat pendapatan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Menurut Ganjar, bantuan dari Baznas Jateng dan hibah dari Pemprov Jateng ini merupakan spirit dari pemerintah untuk membantu agar pendidikan yang berbasis agama semakin berkembang.

"Kita mulai dari para ASN, kalau kemudian lembaga-lembaga agama akan mengikutinya maka itu lebih baik, bila semua ini bisa dilakukan maka akan banyak hal yang bisa kita bantu," ujar Gubernur Ganjar Pranowo seusai bersilaturahim dengan pengasuh dan pengurus Ponpes NU Syifa Ul Qulub di Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Juara Liga Italia, Inter Milan Malah Diterpa Krisis Keuangan

Wakil Presiden Inter, Javier Zanetti, mengakui ada masalah keuangan di klub. Dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan jika Suning Grup selaku pemilik bisa melego klub.