SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerimaan siswa baru (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Diharapkan tidak ada lagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu putus sekolah.

Harianjogja.com, BANTUL- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA bagi siswa dari keluarga tahun ajaran 2016/2017 sudah dimulai sejak hari Senin (13/6/2016). Dengan kuota sebanyak sepuluh persen dari total penerimaan se kabupaten Bantul diharapkan tidak akan ada lagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang putus sekolah.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Kepala Dinas Pendidikan dan Non Formal (Dinmenof) Kabupaten Bantul, Masharun Ghozalie mengatakan semua sekolah SMA Negeri di Bantul wajib menerima siswa dari keluarga kurang mampu sesuai dengan kuota masing-masing daya tamping sekolah.

Kemudian jika kuota sudah terpenuhi pihak sekolah juga diharapkan berkomunikasi dengan sekolah lain yang kuotanya belum terpenuhi agar dapat menerima siswa yang bersangkuta, dengan demikian seluruh anak-anak yang ada di wilayah Bantul tidak aka nada lagi yang putus sekolah karena biaya.

“Bagi siswa kurang mampu sama sekali tidak ada biaya yang dibebankan, jika dinilai sangat tidak mampu maka pihak sekolah juga harus memberikan seragam secara gratis,” katanya, Selasa (14/6/2016).

Masharun mengatakan, pihaknya sudah mengajukan tambahan kuota bagi siswa yang kurang mampu kepada bupati menjadi 27 persen, namun hal tersebut belum bisa dipenuhi tahun ini dikarenakan terkait dengan asumsi anggaran.

“Mungkin nanti di tahun 2017 bisa dinaikkan karena sudah diajukan tahun ini. Harapannya dengan bertambahnya kuota maka juga akan semakin menekan angka putus sekolah di Bantul,” paparnya.

Sementara itu pada pantauan di SMA Negeri 1 Sewon, hingga hari kedua pendaftaran sudah ada 11 siswa yang mengambil formulir, sementara untuk kuota sendiri SMA Negeri 1 Sewon akan menerima 22 siswa dari keluarga miskin.

“Kuota di sini (SMA N 1 Sewon) ada 22, harapannya tahun ini bisa terpenuhi tidak seperti tahun kemarin masih ada kuota kosong empat sisa,” kata Kepala Sekolah SMA 1 Negeri Sewon Marsudiyana saat ditemui di ruangannya.

Ia menerangkan penerimaan bagi siswa kurang mampu masih dibuka hingga tanggal 16 Juni 2016, kemudian pengumuman akan dilakukan tanggal 17 Juni 2016, kemudian untuk daftar ulang bisa dilakukan pada tanggal 18-19 Juni 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya