SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, BANTUL–Tenaga didik asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur menimba ilmu ke Bantul untuk mendalami berjalannya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri yang ada di Dusun Karen, Desa Tirtomulyo, Kecamatan Kretek, Bantul.

PKBM ini beberapa kali sukses meraih prestasi tingkat nasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kedatangan rombongan pendidik Kabupaten Kukar meliputi Seksi PAUD Dinas Pendidikan, Ikatan Penilik dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) diterima langsung Yuli Sutanta pengelola PKBM Mandiri beserta jajaran pengurus, Selasa (7/1/2014).

“Kedatangan kami dan rombongan tidak lain untuk belajar tentang berkembangnya pengelolaan PKBM Mandiri,” kata Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kukar Syaiful Anwar, di sela-sela acara.

Tidak hanya tenaga didik PAUD yang dibawa untuk belajar langsung jauh-jauh dari Kukar ke Bantul kali ini, perwakilan pengurus PKBM di Kukar sebayak 35 orang bertujuan menimba ilmu secara langsung di Kretek untuk mengembangkan PKBM Kukar ke depan.

Para peserta mengaku senang berkunjung ke PKBM Mandiri Kretek karena bisa menyaksikan langsung kegiatan produksi membuat batik yang didikuti peserta PKBM Mandiri. Adapun sejumlah perwakilan PKBM Kukar juga melihat pola manajerial dan tata administrasi PKBM Mandiri.

Menurut Yuli Sutanta, dipilihnya PKBM Kretek Bantul untuk studi banding kabupaten dan provinsi lain karena prestasi yang kerab disabet Bantul mulai dari pemberantasan buta aksa hingga pelatihan usaha kewirausahaan yang telah digagas sejak berdiri tahun 1999 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya