Penderita HIV/AIDS di Semarang Terbanyak se-Jateng

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Kota Semarang menjadi daerah terbanyak dalam penyebaran virus HIV/AIDS di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jateng menyebutkan terdapat 2.182 jiwa yang terindap HIV/AIDS di Kota Semarang.

Sementara urutan kedua ditempati Kabupaten Banyumas dengan 1.146 orang, disusul Kabupaten Grobogan dengan 1.132 orang, Solo dengan 1.101 orang, dan Kabupaten Jepara dengan 1.073 orang.

PromosiCara Elegan Isuzu Panther Tunjukkan Taji Sebagai Mobil Badak

Sekretaris KPA Jateng, Zainal Abidin, menyebutkan secara keseluruhan diperkirakan ada sekitar 47.514 warga Jateng yang terpapar virus yang melemahkan sistem kekebalan tubuh tersebut. Namun hingga Juni 2018, pihaknya baru bisa menemukan sekitar 23.603 orang pengidap HIV dan AIDS, di mana 1.672 orang di antaranya telah meninggal dunia.

“Jadi baru 49,7% pengidap HIV/AIDS yang kita temukan di Jateng. Sebenarnya, kalau semakin banyak berarti semakin bagus. Sosialisasi akan bahaya HIV/AIDS yang kita lakukan berarti berhasil. Semakin banyak yang ditemukan, berarti juga semakin mudah kita lakukan penanganan dan pengawasannya,” ujar Zainal saat dijumpai Semarangpos.com di kantornya, Semarang, Kamis (29/11/2018).

Zainal menyebutkan Jateng saat ini masuk dalam urutan kelima pengidap HIV/AIDS di Indonesia. Urutan pertama dipegang Provinsi Jawa Timur (Jatim), disusul Papua, dan DKI Jakarta pada urutan kedua dan ketiga.

Pengidap HIV/AIDS di Jateng mayoritas didominasi kalangan swasta dengan jumlah mencapai 2.618 orang. Sementara, kalangan ibu rumah tangga berada di urutan kedua dengan jumlah mencapai 1.881 orang.

Kebanyakan terpapar virus HIV/AIDS karena melakukan hubungan seksual, baik dengan lawan jenis maupun sesama jenis. Distribusi virus HIV/AIDS melalui hubungan seksual tercatat mencapai 85,8%.

Selain hubungan seksual, penyebaran virus HIV/AIDS di Jateng juga banyak disebabkan pemakain jarum suntik, yakni mencapai 3,55%.

“Pengidap HIV/AIDS dari jarum suntik biasanya merupakan pecandu narkoba atau injection drug use (IDU). Mereka sering berganti-gantian dalam menggunakan jarum suntik, sehingga mudah terpapar virus,” ujar Zainal.

Zainal menyebutkan jumlah pengidap HIV/AIDS di Jateng itu tergolong tinggi dan perlu penanganan serius. Oleh karenanya dibutuhkan kepedulian berbagai pihak, terutama pejabat pemerintah, dalam menangani penyebaran virus tersebut.

Kendati demikian, di Jateng baru ada sekitar 22 kabupaten/kota yang telah memiliki peraturan daerah (perda) penanggulanan HIV/AIDS. Sementara kabupaten/kota yang belum memiliki perda, yakni Wonogiri, Kota Magelang, Purworejo, Kota Tegal, Blora, Pati, Demak, Batang, Rembang, Sukoharjo, dan Wonosobo. Sedangkan Wonogiri, Boyolali, dan Kudus, meski belum memiliki perda, tapi sudah memiliki payung hukum dalam penanganan HIV/AIDS melalui peraturan bupati (perbup).

“Dibutuhkan komitmen dari kepala daerah dalam menangani penyebaran HIV/AIDS, karena virus ini sangat berbahaya dan mengancam masa depan generasi bangsa,” imbuh Zainal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kisah Bandar Candu Opium Raksasa dari Solo yang Memasok Seluruh Jawa

+ PLUS Kisah Bandar Candu Opium Raksasa dari Solo yang Memasok Seluruh Jawa

Surakarta atau Solo sempat menjadi tempat tinggal bandar candu atau opium raksasa yang sanggup memasok dan menguasai hampir perdagangan candu di seluruh Pulau Jawa, sekitar 1860-an, dimana kala itu, menghisap candu menjadi hal wajar dan legal.

Berita Terkini

Akun Medsos Pejabat Singapura Diserbu Pendukung UAS

Hal itu merupakan buntut dari deportasi yang dilakukan Singapura terhadap UAS pada Senin (16/5/2022) lalu.

Fahri Hamzah: Pejabat Singapura Idap Islamphobia

Fahri Hamzah menilai pejabat Singapura mengidap  islamophobia lantaran menolak Ustaz Abdul Somad (UAS) masuk ke negara tersebut, beberapa hari lalu.

Kejagung Segera Tangkap Semua Tersangka Mafia Minyak Goreng

Febrie menyebutkan tersangka Lin Che Wei sempat membagikan uang hasil kejahatan mafia minyak goreng ke sejumlah pihak.

Dicap Halu, Yusuf Mansur: Saya Sedang Mengajari Bangsa Ini Bermimpi

Yusuf Mansur mengatakan, dirinya sedang mengajari bangsa Indonesia bermimpi agar mencapai taraf kehidupan yang lebih baik. 

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Tampil di Youtube Anak, Yusuf Mansur Sebut Dirinya Asal Ngomong

Yusuf Mansur mengaku dirinya bukan orang yang pandai, karenanya ia tidak banyak berpikir tapi banyak bertindak.

Dampak Absennya Asnawi bagi Timnas, Begini Komentar Shin Tae-yong

Dengan kekalahan itu, Indonesia hanya mengulang pencapaian di SEA Games 2015 dan 2017 ketika skuad Garuda Muda juga gagal ke fase puncak.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Menteri Muhadjir Sarankan UAS Jaga Lisan Agar Tak Diusir Singapura

Muhadjir Effendy menyarankan UAS untuk menjaga lisan agar tidak menyakiti hati orang lain.

STP Dan Lokananta Masuk, Ini 10 Prioritas Pembangunan Kota Solo 2022

Sepuluh program prioritas pembangunan Kota Solo 2022 dipaparkan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat pertemuan tiga pilar dengan fraksi dan pengurus DPC PDIP.

Perolehan Medali SEA Games 2021: Posisi Indonesia Naik, Bersaing Ketat

Pada Jumat (20/5/2022), SEA Games 2021 akan kembali memperebutkan medali emas antara lain dari cabang biliar, catur, balap sepeda, espsorts, judo, karate, tenis meja, serta angkat besi.

Hasil Riset Kesdas, 4 dari 10 Orang Ponorogo Menderita Hipertensi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo mencatat setidaknya ada empat dari 10 orang di Ponorogo menderita hipertensi.

Ini Tips Merawat Mobil Tetap Prima Setelah Mudik

Berikut ini beberapa tips merawat mobil agar tetap prima dan siap digunakan beraktivitas kembali dari Daihatsu.

Ribuan Suporter Persis Antusias Dapatkan Tiket Laga Melawan Persebaya

Dia mengatakan syarat penonton untuk pembelian tiket pertandingan Persebaya melawan Persis Solo harus sudah vaksin lengkap dan penguat (booster). Sementara, penonton untuk usia di bawah 15 tahun paling tidak sudah dua kali vaksinasi.

Ini Kronologi Warga Tertembak Senjata Anggota Polisi di Semarang

Ketua RW 16, Kelurahan Tanjung Emas, Semarang Utara, Slamet Riyadi, 52 tahun, mengungkapkan kronologi tertembaknya Sobirin.

Jual Miras Tanpa Izin, Pemilik Warung di Bantul Didenda Rp1,5 Juta

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bantul menjatuhkan vonis hukuman kepada Setyo Nugroho, pemilik warung kelontong dengan denda Rp1,5 juta.