Pendataan Calon Penerima Bantuan Sapu Jagat di Karanganyar Belum Juga Klir

Pendataan calon penerima bantuan sapu jagat di Karanganyar belum juga klir. Dinsos Karanganyar mengembalikan data calon penerima ke Disdagnakerkop UKM karena tak lengkap.

 Penerima bantuan bencana menghitung nominal uang tunai yang diterima dari Pemkab Karanganyar pada Rabu (15/6/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

SOLOPOS.COM - Penerima bantuan bencana menghitung nominal uang tunai yang diterima dari Pemkab Karanganyar pada Rabu (15/6/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar mengembalikan data calon penerima bantuan tunai sapu jagat kepada Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop UKM) Karanganyar.

Pasalnya, data tersebut tak mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon penerima. Sedianya calon penerima bantuan ini adalah para pedagang kaki lima (PKL), bakul pasar tradisional hingga, bakul sayur keliling yang belum mendapat bantuan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kepala Dinsos Karanganyar, Sugeng Raharjo, mengatakan data calon penerima bantuan yang mereka terima dari Disdagnakerkop UKM belum lengkap. “Data yang kami terima baru dari Disdagnakerkop UKM. Yang dari Dishub kami belum menerima,” tuturnya.

Bantuan tunai sapu jagat disiapkan Bupati Karanganyar bagi warga terdampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Calon penerima bantuan adalah mereka yang belum terdata sebagai penerima bantuan serupa dari pusat dan provinsi. Bantuan ini berasal APBD 2022 yang bertujuan mencegah inflasi. Nilainya dua persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) atau sekitar Rp4,7 miliar.

Baca Juga: Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

Dinas Sosial, Dinas Perhubungan (Dishub), serta Disdagnakerkop UKM ditugasi mendata calon penerima sekaligus menyalurkan bantuan ke sasaran. Agar tepat sasaran dan tidak duplikasi, maka dilakukan sinkronisasi data antar-OPD pengampu.

Data calon penerima bantuan tersebut disinkronkan dengan Dinsos agar tak dobel dengan bantuan dari pemerintah pusat bagi warga terdampak kenaikan BBM. Data juga tak boleh duplikasi database penerima program keluarga harapan (PKH)  maupun bantuan pangan nontunai (BPNT).

Tujuannya agar penerima BLT sapu jagad benar-benar warga yang belum pernah dapat bantuan apapun. Dikatakan Sugeng, sinkronisasi data dilakukan berdasarkan NIK. Namun sayangnya, kebanyakan data dari Disdag hanya by name dan by addres tanpa NIK.

“Kami kembalikan ke Disdag. Perlu diperbaiki lagi datanya,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Segera Cairkan BLT Subsidi BBM Rp4 Miliar

Kepala Disdagnakerkop dan UKM Martadi memastikan data calon penerima bantuan tunai sapu jagad selesai dihimpun. Mereka dari kalangan pedagang pasar tradisional dan pelaku UKM. Martadi mengatakan masih dalam tahap verifikasi data calon penerima bantuan tunai dampak kenaikan BBM. Bantuan akan dikucurkan pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar bersumber dari APBD.

Berdasarkan data, dia mengatakan ada seribuan lebih pelaku UMKM yang kini tinggal menunggu hasil verifikasi untk mendapatkan bantuan. Rencananya pelaku UMKM ini akan menerima bantuan tunai untuk empat bulan ke depan. Setiap bulannya diberikan senilai Rp150.000.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jika Solo Jadi Ibu Kota Provinsi Soloraya, Maka...

      Jika Kota Solo menjadi ibu kota provinsi baru, yaitu Soloraya, sektor perekonomian akan terus bergerak maju yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

      Ini Keunggulan Desa Conto Wonogiri yang Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, meraih predikat desa wisata terbaik di Jateng 2022 kategori Sapta Pesona dan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability atau CHSE.

      Quick Response 110 Polres Sukoharjo Selamatkan Pemuda yang Nyaris Bunuh Diri

      Percobaan bunuh diri seorang pemuda di tempat indekos wilayah Kartasura berhasil digagalkan setelah rekan korban melapor ke call center 110 Polres Sukoharjo.

      Puluhan Penyandang Disabilitas Boyolali Galang Dana untuk Korban Gempa Cianjur

      Puluhan penyandang disabilitas di lereng Gunung Merbabu menggelar doa bersama sekaligus galang dana bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Siap-Siap! Lokananta Solo Segera Bertransformasi Jadi Creative & Commercial Hub

      PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) sebagai anggota Holding Danareksa siap mentransformasikan Lokananta Solo menjadi Creative and Commercial Hub.

      Unik! Pemilihan Ketua RT dan RW di Bareng Klaten Dilakukan secara Online

      Pemilihan ketua RT dan RW di RW 004, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, pada Minggu (27/11/2022) digelar secara online atau memanfaatkan teknologi informasi.

      Film Pendek, Pidato Inggris dan Arab Sumbang Emas Jateng di Pospenas IX Solo

      Tiga cabang perlombaan yakni film pendek, lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Arab menyumbang medali emas bagi kontingen Jateng di Pospenas IX 2022 di Solo, 23-27 November 2022.

      Granat Unwidha-Pengamen di Klaten Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

      Sukarelawan Granat Unwidha Klaten bersama pengamen angklung jalanan Putra Pangestu menggelar aksi penggalangan dana pada Minggu (27/11/2022).

      Pesona Girpasang Klaten, Destinasi Wisata Dataran Tinggi Terbaik Se-Indonesia

      Destinasi wisata Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang meraih Juara I pada kategori dataran tinggi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

      Harga Sembako di Pasar Sukoharjo Naik Jelang Nataru, Telur Paling Tinggi

      Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok atau sembako di pasar tradisional Sukoharjo mulai merangkak naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

      Bantu Korban Gempa Cianjur, Puluhan Seniman Reog Ponorogo Pentas di CFD Solo

      Puluhan seniman Reog Ponorogo mengadakan pementasan dan aksi galang dana di CFD Jl Slamet Riyadi Solo untuk bantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Gelar Pesta Nikah di Pura Mangkunegaran Solo, Kaesang dan Erina Catat Sejarah

      Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan mencatat sejarah sebagai pasangan pertama di luar kerabat keluarga Mangkunegaran yang menggelar pesta nikah di Pura Mangkunegaran Solo.

      Tujuh Sukarelawan Karanganyar Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

      Mereka yang berangkat ke daerah bencana adalah sukarelawan pilihan. Dimana memiliki keahlian dalam penanganan kebencanaan.

      Wah, 10 Kereta Kencana Disiapkan untuk Kirab Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan akan ada kirab 9-10 kereta kencana dari Loji Gandrung menuju lokasi pesta pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Solo.

      Upacara Adang Sego, Simbol Raja Keraton Solo yang Mengayomi Rakyatnya

      Upacara adang sego merupakan tradisi keraton kasunanan yang digelar tiap delapan tahun sekali.

      Bertabur Hadiah, Lapak BKD Boyolali di CFD Diserbu Warga

      Pembukaan lapak pembayaran PBB di CFD Boyolali merupakan salah satu intensifikasi dan menarik perhatian wajib pajak.