Tutup Iklan

Pendarahan Otak Tukul Arwana Bukan Dipicu Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan RS PON

RS PON memastikan pendarahan otak yang dialami komedian Tukul Arwana bukan dipicu vaksin Covid-19.

 Tukul Arwana. (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

SOLOPOS.COM - Tukul Arwana. (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Solopos.com, SOLO – Pihak Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) menegaskan pendarahan otak yang dialami komedian Tukul Arwana tidak dipicu oleh vaksin Covid-19. Penjelasan itu disampaikan Direktur Utama RS PON, Mursyid Bustami, menanggapi isu yang berkembang tentang kondisi sang komedian.

“Kami perlu menegaskan bahwa dari berita yang beredar, mungkin perlu diklarifikasi tidak ada hubungannya antara pendarahan otak atau stroke pendarahan dengan vaksin Covid-19. Agar tidak menimbulkan suatu keraguan untuk vaksinasi,” ungkap dia dalam konferensi pers Jumat (24/9/2021), seperti dilansir Detik.com.

Mursyid menambahkan, pendarahan otak bisa disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya tekanan yang tinggi pada pembuluh darah.

“Yang sebetulnya sudah ada potensi untuk bocor atau pecah, yang waktu tertentu tekanannya meningkat tidak kuat lagi menahan sehingga pembuluh darah itu pecah sehingga mengganggu fungsi otak di sekitarnya,” jelas Mursyid Bustami.

Baca juga: Awas! 12 Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Pendarahan Otak Seperti Tukul Arwana

Adapun gejala umum dari seseorang yang mengalami pendarahan otak adalah mendadak pusing dan badan lemas. Selain itu ada juga gejala lain berupa kelemahan anggota gerak, kejang, hingga sakit kepala dan penurunan kesadaran.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Jumat (24/9/2021), kondisi ini terjadi saat pembuluh darah pecah dan menyebabkan pendarahan. Kondisi darurat tersebut bisa disebabkan dua hal, yaitu tekanan darah tinggi dan trauma. Selain itu mengonsumsi obat pengencer darah juga dapat meningkatkan risikonya.

Pendarahan otak bisa disebabkan kejadian traumatik seperti kecelakaan lalu lintas, terjatuh, ataupun tertimpa dengan keras di bagian kepala. Sementara pada perdarahan subarachnoid non-traumatik, perdarahan biasanya muncul secara tiba-tiba dan tidak didahului cedera.

Baca juga: Terdampak Tol Solo-Jogja di Klaten, Yoni Ternyata Simbol Seks

Penyebab terjadinya perdarahan subarachnoid non-traumatik paling sering adalah pecah aneurisma otak yang kemudian menyebabkan pembengkakan dan menipisnya dinding pembuluh pembuluh darah. Alhasil, pembuluh darah dapat pecah dan menyebabkan perdarahan, serta membentuk gumpalan darah di ruang subarachnoid selaput meningen.

Pecahnya pembuluh darah di otak hingga menyebabkan pendarahan dapat berakibat fatal. Bukan hanya merusak otak, kondisi darurat ini dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Jika dijelaskan secara sederhana, pendarahan otak merupakan sejenis strok yang disebabkan pembuluh arteri di otak pecah hingga terjadi pendarahan lokal di sekitarnya. Kondisi ini menyumbang sekitar 13 persen dai penyebab strok.

 


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Ludivine Sagnier Bergabung dengan Serial Netflix Lupin

Dalam serial Netflix Lupin, Ludivine Sagnier berperan sebagai Claire

Pernah Bikin Es Krim dari BTS Meal, Kini Sisca Kohl Luncurkan Lagu Baru

Sisca Kohl coba merambah dunia tarik suara dengan meluncurkan lagu baru berjudul Mari Kita Coba.

Para Artis Ini Tetap Terlihat Cantik Setelah Melahirkan Anak

Sejumlah artis tetap terlihat cantik dan segar setelah mereka melahirkan anak.

Harga Outfit Anak Raffi Ahmad Bikin Warganet Jantungan

Berikut ini daftar merek outfit dan perlengkapan anak Raffi Ahmad, Baby R, lengkap dengan harganya yang bikin warganet terkagum-kagum.

Komik Polisi Makin Digemari, Jumlah Pengikuti Bertambah

Untuk itu, dalam berkontribusi mengisi perkembangan seni kreatif tersebut, pada tahun 2015 Komik Polisi hadir di tengah masyarakat.

Nicky Tirta Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Faktanya

Bukan hanya Nicky Tirta, sebelumnya ada sejumlah artis Tanah Air juga pernah dikabarkan meninggal dunia.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akan Publikasikan Wajah Baby R di Sini

Sejak lahir baik Raffi Ahmad maupun Nagita Slavina tidak pernah publikasikan wajah Baby R baik di  televisi maupun di media sosial milik mereka.

Ini Tantangan Besar Najwa Shihab dalam Berkarier, Apa Saja?

Selain mengungkapkan tantangan besar dalam karier, Najwa Shihab juga mengakui perasaannya kala mendapatkan rapor merah.

Drakor Happiness Gambarkan Aneka Tipe Manusia di Masa Pandemi

Drama Korea Happiness memberi banyak pesan moral bagi kita semua, termasuk gambaran tipe manusia dalam menghadapi situasi sulit seperti pandemi Covid-19 ini.

Raffi Ahmad Raih Penghargaan di SCTV Awards, Dedikasikan untuk Baby R

Meraih penghargaan sebagai Presenter Paling Ngetop di SCTV Awards 2021 ini, Raffi Ahmad tak dapat menyembunyikan bahagianya.

Ikatan Cinta 27 November 2021: Diciduk Al, Iqbal Keceplosan Soal Irvan?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Sabtu, 27 November 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (27/11/2021), Ini Film yang Tayang

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Sabtu, 27 November 2021 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Banyak film seru!

Lirik Lagu Rungokno Aku - Ndarboy Genk feat Denny Caknan

Berikut ini lirik lagu Rungokno Aku dari Ndarboy Genk feat Denny Caknan, yang telah tayang pada Jumat, 26 November 2021 di Youtube.

Bukan Hanya Wajah, Warganet Juga Penasaran Nama Baby R

Nama anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang saat ini disebut Baby R sukses bikin penasaran warganet.

Kalina Oktarani Mengalami Kecelakaan, Begini Kondisi Mobilnya

Kalina Oktarani membagikan kabar dirinya mengalami kecelakaan di Instagramnya.