Pendarahan Otak Tukul Arwana Bukan Dipicu Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan RS PON

RS PON memastikan pendarahan otak yang dialami komedian Tukul Arwana bukan dipicu vaksin Covid-19.

 Tukul Arwana. (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

SOLOPOS.COM - Tukul Arwana. (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Solopos.com, SOLO – Pihak Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) menegaskan pendarahan otak yang dialami komedian Tukul Arwana tidak dipicu oleh vaksin Covid-19. Penjelasan itu disampaikan Direktur Utama RS PON, Mursyid Bustami, menanggapi isu yang berkembang tentang kondisi sang komedian.

“Kami perlu menegaskan bahwa dari berita yang beredar, mungkin perlu diklarifikasi tidak ada hubungannya antara pendarahan otak atau stroke pendarahan dengan vaksin Covid-19. Agar tidak menimbulkan suatu keraguan untuk vaksinasi,” ungkap dia dalam konferensi pers Jumat (24/9/2021), seperti dilansir Detik.com.

Mursyid menambahkan, pendarahan otak bisa disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya tekanan yang tinggi pada pembuluh darah.

“Yang sebetulnya sudah ada potensi untuk bocor atau pecah, yang waktu tertentu tekanannya meningkat tidak kuat lagi menahan sehingga pembuluh darah itu pecah sehingga mengganggu fungsi otak di sekitarnya,” jelas Mursyid Bustami.

Baca juga: Awas! 12 Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Pendarahan Otak Seperti Tukul Arwana

Adapun gejala umum dari seseorang yang mengalami pendarahan otak adalah mendadak pusing dan badan lemas. Selain itu ada juga gejala lain berupa kelemahan anggota gerak, kejang, hingga sakit kepala dan penurunan kesadaran.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Jumat (24/9/2021), kondisi ini terjadi saat pembuluh darah pecah dan menyebabkan pendarahan. Kondisi darurat tersebut bisa disebabkan dua hal, yaitu tekanan darah tinggi dan trauma. Selain itu mengonsumsi obat pengencer darah juga dapat meningkatkan risikonya.

Pendarahan otak bisa disebabkan kejadian traumatik seperti kecelakaan lalu lintas, terjatuh, ataupun tertimpa dengan keras di bagian kepala. Sementara pada perdarahan subarachnoid non-traumatik, perdarahan biasanya muncul secara tiba-tiba dan tidak didahului cedera.

Baca juga: Terdampak Tol Solo-Jogja di Klaten, Yoni Ternyata Simbol Seks

Penyebab terjadinya perdarahan subarachnoid non-traumatik paling sering adalah pecah aneurisma otak yang kemudian menyebabkan pembengkakan dan menipisnya dinding pembuluh pembuluh darah. Alhasil, pembuluh darah dapat pecah dan menyebabkan perdarahan, serta membentuk gumpalan darah di ruang subarachnoid selaput meningen.

Pecahnya pembuluh darah di otak hingga menyebabkan pendarahan dapat berakibat fatal. Bukan hanya merusak otak, kondisi darurat ini dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Jika dijelaskan secara sederhana, pendarahan otak merupakan sejenis strok yang disebabkan pembuluh arteri di otak pecah hingga terjadi pendarahan lokal di sekitarnya. Kondisi ini menyumbang sekitar 13 persen dai penyebab strok.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Dokter Sarankan Nathalie Holscher Operasi Caesar, Ini Penyebabnya

Ada beberapa alasan mengapa dokter menyarankan Nathalie Holscher jalani persalinan lewat operasi caesar. 

Efek Hiatus Penulis, Manga One Piece 1029 Terbit 24 Oktober 2021

Di edisi sebelumnya, sang penulis Eiichiro Oda mengumumkan manga One Piece chapter 1029 baru menyapa pembacanya pada 24 Oktober.

Deddy Corbuzier Bicara Duta Karantina, Cie Nyindir Siapa Nih?

Meski Deddy Corbuzier tidak menyebutkan nama duta karantina yang disindirnya, tapi warganet sudah mengetahuinya.

Ariel Noah Nukang Saat Jadi Pengangguran

Ariel Noah pun menceritakan aktivitasnya nukang saat sedang jadi pengangguran.

Sedang Jadi Sorotan, Ini Sumber Kekayaan Medina Zein

Terlepas dari aneka kasus yang membuatnya jadi sorotan, Medina Zein dikenal sebagai selebgram populer yang sukses membangun kerajaan bisnisnya sendiri.

Idap Kanker Usus, Pelawak Qomar Diprediksi Tak Berumur Panjang

Pelawak senior Qomar tengah berjuang melawan kanker usus stadium 4C.

Superman Dikisahkan Biseksual, Begini Sambutan di Indonesia

Jika di Melbourne dan negara-negara lainnya menerima kabar Superman adalah seorang biseksual, tidak halnya dengan di Tanah Air.

Album 30 Adele Sarat Makna, Bicara Soal Perceraian

Dalam unggahannya, Adele menyampaikan bahwa saat memulai perjalanan album 30 tiga tahun lalu, ia sedang berada pada posisi yang tidak diinginkan.

Agnez Mo Jadi Nomine Wanita Tercantik di Dunia Versi TC Candler

Unggahan tentang Agnez Mo jadi salah satu nomine wanita tercantik di dunia  itu seketika langsung menjadi bahan perbincangan banyak orang.

V BTS Kencani Putri Presiden Paradise Group? Begini Jawaban Hybe

Lalu bagaimana tanggapan V BTS terkait rumot tengah berkencan dengan putri Presiden Paradise Group tersebut?

Benarkah Honor BTS untuk Penampilan di Sidang Umum PBB Telat Dibayar?

Terlepas dari polemik honor sudah dibayarkan atau belum, penampilan BTS di Sidang Umum PBB berhasil mencuri perhatian.

Personel Warkopi Bakal Main Film Setelah Bubar, Berikut Ini Faktanya

Pihak Patria TV dan personel Warkopi menjelaskan bahwa kini mereka sedang mempersiapkan untuk bintangi film layar lebar.

Ikatan Cinta 15 Oktober 2021: Sebenarnya Apa yang Dilakukan Irvan?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 15 Oktober 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Kontroversi Nico Al Hakim Mantan Suami Rachel Vennya

Nico Al Hakim memiliki sejumlah kontroversi baik sebelum menikah atau setelah bercerai dengan Rachel Vennya.

Mantan Suami Rachel Vennya: Dia Tetap Ibu Anak-Anak Gue

Setelah mengisi acara,  mantan suami Rachel Vennya itu mendapat pertanyaan tentang masalah yang menimpa Rachel Vennya.

Kakek Suhud Ngaku Jualan Buku, Tetangga Bingung: Beneran Jualan?

Kakek Suhud yang dimarahi Baim Wong mengaku jualan buku. Tetapi, tetangganya malah bingung karena enggak pernah lihat jualan buku.