SOLOPOS.COM - Momo Geisha (Kapanlagi.com)

Momo Geisha (Kapanlagi.com)

Pendapatan ring back tone (RBT) Momo anjlok hingga 90% setelah unreg massal konten premium pada 2011 lalu. Menurut vokalis Geisha, Momo anjloknya bisnis RBT seharusnya tak memengaruhi kreativitas para musisi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

RBT adalah salah satu sumber pemasukan utama setelah penjualan compact disk (CD) dan kaset tak lagi menjanjikan di pasaran akibat pembajakan. Setelah sempat menurun, kini dua operator besar di Indonesia bekerjasama untuk kode RBT sehingga bisa menghemat biaya. Harapannya, bisnis RBT bisa kembali seperti sediakala.

Ekspedisi Mudik 2024

“Mudah-mudahan ada, kita lihat progress ke depan. Kemarin juga kami cari cara mengakali, bagaimana mengakali RBT yang sempat anjlok, mempengaruhi kreativitas kami juga. Mudah-mudahan ini berhasil,” ujar Momo saat ditemui di Hard Rock Cafe, Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Setelah pendapatan dari RBT menurun, kini Momo hanya mengandalkan dari manggung dan acara off air. “Lumayan perbandingannya bisa sampai besar. Kalau dulu pendapatan kami bisa dari RBT sama off air, kalau sekarang hanya bergantung dari off air,” tuturnya.

Meski pemasukan berkurang, Momo menyatakan akan tetap berkarya seperti biasanya. “Yang pasti kami harus pakai dulu RBT. Kami tetap berkarya kok,” katanya.
“Bukan berarti kemarin RBT down kami ikut menurun kreativitasnya. Tahun depan kami ada album baru, kami tetap seperti dulu. Walaupun RBT menurun tapi kreativitas tidak boleh terganggu,” tambah Momo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya