PENDAKIAN GUNUNG : Pendaki asal Selandia Baru Hilang di Merbabu, 71 Personel SAR Diterjunkan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – Sekitar 70 personel search and rescue (SAR) dikerahkan untuk mencari keberadaan turis asal Selandia Baru, Andrey Voytech, 39, yang dikabarkan hilang saat melakukan pendakian di Gunung Merbabu, Senin (2/4/2018).

Andrey dikabarkan hilang sejak Jumat (30/3/2018). Ia dinyatakan hilang setelah melakukan pendakian di Gunung Merbabu, tanpa ditemani seorang kawan pun.

Kepala Basarnas Jateng, Noer Isrodin, mengatakan pihaknya saat ini telah menerjunkan sekitar 70 personel dari berbagai unsur potensi SAR untuk menemukan pria kelahiran Montreal, Kanada itu.

“Total ada 55 personel dari tim gabungan, seperti Basarnas, Korca, Granat Rescue, SAR Buser, hingga Taman Nasional Gunung Merbabu, yang diterjunkan untuk mencari keberadaan pendaki asal Selandia Baru itu. Itu belum termasuk yang dari unsur TNI dan Polri. Total ada sekitar 70 personel yang kami kerahkan untuk melakukan pencarian hari ini [Senin],” ujar Isrodin saat dihubungi Semarangpos.com, Senin petang.

Isrodin menambahkan ke-70 personel SAR itu dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama melakukan pencarian dari jalur pendakian Thekelan menuju pos pertama, dengan mengambil jalur kanan arah Chuntel.

Sementara, regu kedua melakukan pencarian dari jalur Thekelan menuju pos pertama melalui jalur kiri atas tebing. Sedangkan, regu ketiga melakukan pencarian dari jalur Thekelan dengan menyusuri Watu Tadah melalui bawah tebing.

Namun, hingga Senin petang, pencarian atas pendaki asal Selandia Baru itu belum menemui hasil. Pencarian pun akan dilanjutkan Selasa (3/4/2018).

Selain melakukan pencarian, Isrodin mengaku, pihaknya saat ini juga tengah berkoordinasi dengan Badan Keimigrasian di Yogyakarta, untuk mengetahui data pendaki asal Selandia Baru itu.

Isrodin curiga pendaki asal Selandia Baru itu sebenarnya tidak hilang, namun sudah turun tanpa diketahui oleh siapa pun.

“Kecurigaan kami cukup beralasan. Pertama, dia tidak meminta izin atau pemberitahuan dulu kepada petugas SAR di Gunung Merbabu kalau mau melakukan pendakian. Selain itu, dari informasi yang kami peroleh dia seharusnya sudah terbang ke Thailand pada 31 Maret kemarin [Sabtu],” jelas Isrodin.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Lorong Bawah Tanah di Kodim, Jalur Telegraph Banyuwangi-Australia?

Disparbud Banyuwangi menduga lorong bawah tanah di Kodim 0825 Banyuwangi bagian dari sambungan telegraph Banyuwangi ke Australia.

Ronaldo Lagi-Lagi Jadi Pahlawan MU

Manchester United memang patut berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo. Pasalnya, pemain berpaspor Portugal itu kembali menjadi pahlawan kemenangan Setan Merah.

Rumah Warga di Ngrampal Sragen Terbakar, Ini Foto-Fotonya

Kerugian material akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp10 juta

Jangan Lupa Sob! Doa Saat Hujan Turun Agar Mendapat Keberkahan

Saat hujan turun juga dianjurkan membaca doa untuk mendapatkan keberkahan dan terhindar dari mara bahaya.

Jelang Pra-IPO, GoTo Dapat Guyuran Dana Rp5,64 Triliun dari Abu Dhabi

GoTo Group, menandatangani perjanjian dengan anak usaha Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) dengan investasi senilai Rp5,64 triliun atau US$400 juta.

Solopos Hari Ini: Klaster Sekolah Meluas, Korban Pinjol Tak Harus Bayar

Temuan klaster penularan Covid-19 di sekolah tempat penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Solo meluas hingga ke jenjang SMP.

Universitas Ruang Paling Moderat untuk Mencegah Radikalisme Ekstrem

Universitas adalah salah satu institusi paling penting untuk menjadi penengah tanpa kepentingan ideologis. Kurikulum dan tim pengajar menjadi kunci mewujudkan moderasi di universitas.

Ada Banjir, Pengantin Ini Tumpangi Panci Jumbo ke Tempat Resepsi

Sepasang pengantin melakukan aksi unik dengan menumpangi panci jumbo saat hendak ke lokasi pernikahan.

Akhirnya Aurel Hermansyah Ketemu Raul Lemos, Netizen Ikut Bahagia

Aurel Hermansyah akhirnya bertemu dengan papa tirinya, Raul Lemos ditemani oleh Atta Halilintar. Netizen ikut berbahagia.

10 Berita Terpopuler: Atap Serambi Masjid Runtuh dan Kabar Persis Solo

Kabar atap serambi Masjid Besar Al Furqon Nguter di Jalan Sukoharjo-Wonogiri tiba-tiba ambruk, Rabu (20/10/2021) dan Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (21/10/2021).

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Begini Kondisi 16 Ekor Sapi dalam Kebakaran di Kladungan Sragen

Ke-16 ekor sapi itu berhasil dievakuasi warga dari empat kandang sapi yang yang hangus terbakar.

Diterjang Angin Kencang, Empat Rumah Warga Sukodono Sragen Rusak

Hujan disertai tiupan angin kencang mengakibatkan empat rumah di Dukuh Pare, Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, mengalami rusak pada bagian atap.

Deddy Corbuzier Disomasi Pekerja Sosial, Nikita Mirzani Angkat Bicara

Nikita Mirzani juga angkat bicara mengenai Deddy Corbuzier yang disomasi oleh Propeksos. Bagaimana tanggapannya?

Antam Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 21 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (21/10/2021)  hari ini tidak berubah untuk cetakan UBS, namun naik untuk cetakan Antam.