SOLOPOS.COM - Pemandangan Gunung Lawu berselimut awan dilihat dari jalan tembus Tawangmangu, Karanganyar. Foto diambil awal Februari 2017. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Semua jalur pendakian di Gunung Lawu kembali dibuka, Kamis (21/11/2019), pascaterjadinya kebakaran beberapa waktu lalu. Dibukanya jalur pendakian lantaran area terbakar sudah diguyur hujan pada Rabu (20/11/2019).

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Nardi, mengatakan pembukaan jalur pendakian dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Perhutani Wilayah Jawa Timur serta sejumlah sukarelawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Semua jalur yang dibuka. Per hari ini mulai pukul 06.00 WIB. Keputusan dibuka setelah ada koordinasi dengan beberapa pihak seperti relawan dan Perhutani Jawa Timur,” ucapnya kepada Kamis.

Ekspedisi Mudik 2024

Nardi menambahkan wilayah Candi Ceto, Tawangmangu, dan Sarangan, Magetan sudah diguyur hujan selama seharian pada Rabu kemarin.

Semua jalur pendakian Gunung Lawu seperti Candi Ceto dan Cemoro Kandang yang masuk wilayah Karanganyar serta Cemoro Sewu dan Singolangu yang masuk wilayah Magetan Jawa Timur sudah kembali dibuka. Diprediksi, jalur pendakian kembali pulih selang sepekan.

Sementara itu, Asper BKPH Lawu Selatan KPH Lawu DS, Marwoto, mengatakan titik kebakaran yang melanda RPH Bedagung sudah padam sejak Senin (18/11/2019).

Akibat kebakaran tersebut, lahan seluas 15 hektare hangus. Saat ini, tim gabungan sudah mulai melakukan pemantauan untuk kembali menanam pohon.

“Alhamdulillah turun hujan deras. Jadi tunggak sisa kebakaran sudah padam. Tidak ada titik asap dari batang kayu sisa kebakaran," ungkapnya.

Sebelumnya, akibat kebakaran yang melanda kawasan lereng Gunung Lawu di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Bedagung Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Jawa Timur semua jalur pendakian menuju Gunung Lawu sempat ditutup untuk sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya