SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR – Keluarga pendaki Lawu yang tewas Senin (11/11/2013), tak memiliki firasat apapun saat Cipto, 60, meninggal dunia saat mendaki Gunung Lawu. Cipto selama ini sudah tujuh kali mendaki Gunung Lawu untuk ritual Lawu.

Anak almarhum, Triyono, mengatakan dia dan anggota keluarga lainnya tak mendapat firasat apapun sebelum almarhum pergi mendaki Gunung Lawu. Sebab, almarhum selalu melakukan ritual Sura di puncak Gunung Lawu setiap tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selama ini, almarhum dan Saiman melakukan ritual Sura di Gunung Lawu sebanyak tujuh kali. “Tak ada firasat apapun. Almarhum dan Pak Saiman selalu mendaki Gunung Lawu untuk ritual Sura bahkan sudah tujuh kali,” jelasnya.

Triyono mengaku sudah mengiklaskan kepergian almarhum Bapaknya untuk selamanya. Menurutnya, kejadian tersebut merupakan musibah dan kehendak Allah SWT. Keluarganya dengan tabah dan berserah diri kepada Allah SWT menerima cobaan tersebut.

Sementara rekan sekaligus tetangga almarhum, Saiman, menjelaskan kondisi almarhum saat mendaki Gunung Lawu cukup sehat. Mereka mendaki melalui jalur pendakian Cemara Kandang.

Lantaran faktor usia, pendakian dilakukan dengan santai sambil menikmati panorama alam. Sesampai di sekitar pos tiga, almarhum meminta istirahat karena kecapekkan. Kala itu, sandal almarhum terjatuh. Saat hendak menggapai sandalnya yang terjatuh, almarhum terpeleset dan tutut terjatuh.

Bagian muka almarhum terantuk tanah dan langsung pingsan. Siman sempat memberikan pertolongan seadanya dengan memberi minyak kayuk putih di sekujur tubuh Cipto. Namun, Cipto sudah tak bernyawa.

“Jenazah almarhum saya tutupi dengan mantel hujan. Saya langsung bergegas turun untuk mencari pertolongan,” terang Saiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya