Pendaki Jogja Jatuh ke Kawah Merapi!

Pendaki Jogja Jatuh ke Kawah Merapi!

SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (JIBI/Solopos/Antara/Teresia May)

Pendaki asal Jogja jatuh ke arah kawah Merapi saat mencoba mendaki gunung tersebut dari arah Selo.

Solopos.com, BOYOLALI -- Seorang pendaki gunung asal Jogja jatuh ke arah kawah Merapi, Sabtu (16/5/2015) siang. Hingga kini, pendaki tersebut belum ditemukan.

Komandan Search and Rescue (SAR) Barameru, Samsuri, mengatakan identitas pendaki yang jatuh ke arah kawah Merapi tersebut diketahui bernama Erri Yunanto asal Jogja. Sekitar pukul 15.00 WIB, 10 orang anggota tim SAR Barameru langsung berangkat menyisir ke lokasi kejadian.

Menurut Samsuri, lima rekan Erri Yunanto dari Jogja langsung melaporkan jatuhnya teman mereka begitu tiba di base camp Barameru sekitar pukul 14.00 WIB. Samsuri langsung meneruskan laporan tersebut ke Taman Nasional Gunung Merapi dan Polsek Selo. Tim berikutnya menyusul ke lokasi begitu mendapat laporan dari tim 1.

Martha, salah seorang rekan Erri, kepada Samsuri, mengatakan tidak mengetahui persis lokasi jatuhnya Erri. Martha hanya mengatakan Erri jatuh ke arah kawah Merapi. Saat itu, Erri sempat berteriak meminta tolong.

Bahkan beberapa saat setelah jatuh, suara Erri masih terdengar. Hal itu menandakan masih ada harapan bagi Erri untuk diselamatkan karena tidak langsung tercebur masuk dalam kawah. Namun belum diketahui bagaimana nasib Erri saat ini.

Martha dan rekan-rekannya yang masih panik dan lelah belum bisa dimintai banyak informasi soal kronologi jatuhnya Erri. Diduga, Erri jatuh karena terpeleset saat berada di puncak Gunung Merapi. Kondisi puncak Merapi saat ini memang rawan semenjak letusan 2010 lalu.

Pascaletusan, puncak Merapi semakin menyempit. Puncak Garuda dan kawah mati yang dulunya terpisah, kini menyatu menjadi kawah aktif setelah letusan 2010. Sementara itu, lebar kawah Merapi kini bertambah.

Salah seorang anggota SAR Barameru, Madi, saat dihubungi Solopos.com sesaat sebelum berangkat ke lokasi pencarian mengatakan timnya membawa obat-obatan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Royalti, Radio, dan Pandemi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi sabtu, 8 Mei 2021. Esai ini karya Ariyanti Mahardina, freelancer yang pernah bekerja di radio dan kini masih aktif di Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Solo.

Banyak Pelanggaran Prokes Di Mal, Satgas Covid-19 Sukoharjo Tegur Pengelola

Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo memberikan teguran kepada pengelola mal terkait masih banyaknya pelanggaran prokes seperti kerumunan.

Taklukkan Sirkuit Le Mans, Jack Miller Juara MotoGP Prancis 2021

Cuaca di kawasan sirkuit Le Mans berubah-ubah dari cerah menjadi hujan, dan kembali cerah saat balapan berlangsung.

Zidane Tinggalkan Real Madrid di Akhir Musim

Zidane disebut mulai mengumbar keinginannya mundur saat bertemu dengan pemain pada 8 Mei 2021.

Selepas Lebaran, Vaksin Warga Lansia Di Kota Solo Tak Sampai 80%

Banyaknya warga lansia yang takut menjadi salah satu penyebab program vaksinasi lansia tak mencapai target.

Pedagang di Cemara Kandang Karanganyar Protes Warungnya Sepi Karena Penyekatan

Pedagang di Cemara Kandang, Karanganyar, merasa terganggu dengan penyekatan yang dilakukan petugas. Mereka khawatir dagangan mereka tak laku karena penyekatan tersebut.

Objek Wisata di Batang Ditutup, Segini PAD Yang Diprediksi Hilang

Objek wisata di Batang sempat buka yakni pada Kamis kemarin (13/05) hingga Sabtu (15/05).

Dikelola Masyarakat, Insiden Perahu Terbalik di Waduk Kedung Ombo Harus Jadi Pelajaran

Perahu wisata di Waduk Kedung Ombo dikelola masyakarat. Polres Boyolali meminta insiden perahu terbalik menjadi pelajaran agar pengelola lebih memperhatikan aspek keselamatan di lokasi wisata.

Benarkah Pria dan Wanita Sulit Sekadar Bersahabat?

Penelitian tentang pria dan wanita sulit bersahabat ini diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships.

20 Orang Sekampung Positif Covid-19, Lurah Sumber Solo: Tak Ada Lockdown

Wilayah kampung di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, yang terdapat 20 orang positif Covid-19 tidak di-lockdown, akses jalan tetap dibuka.

Diminati Persis Solo, Evan Dimas Tersanjung

Informasi yang dihimpun Solopos.com, manajemen telah melakukan pendekatan kepada Evan agar mau hijrah ke Laskar Sambernyawa.     

Comeback ke Persis Solo, Wahyu TN: Di Sini Semua Berawal...

Wahyu mengatakan keputusannya comeback ke Persis adalah pilihan dari hati.