PENDAKI JATUH KE KAWAH MERAPI : Beredar Video Kondisi Puncak Merapi Sebelum Eri Jatuh

PENDAKI JATUH KE KAWAH MERAPI : Beredar Video Kondisi Puncak Merapi Sebelum Eri Jatuh

SOLOPOS.COM - Kondisi puncak merapi Sabtu, 16 Mei 2015, pukul 07.34 WIB (Istimewa)

Pendaki jatuh ke kawah Merapi menghebohkan media sosial. Sebuah video yang menunjukkan kondisi puncak Merapi beredar di Instagram.

Solopos.com, BOYOLALI – Sebuah akun di situs berbagi foto Instagram membuat banyak netizen penasaran. Akun wani-perih baru-baru ini mengunggah kondisi puncak merapi beberapa jam sebelum tragedy Eri Yunanto terjadi.

Seorang pendaki dengan akun Instagram wani_perih sempat memotret dan mengambil video kondisi sekitar puncak Merapi, terutama di sekitar Puncak Tusuk Gigi.

Dalam video pertama, pemilik akun Instagram wani_perih merekam keadaan sekitar bibir kawah Merapi diiringi suara pendaki lain yang saling mengingatkan agar berhati-hati. Sedangkan video kedua memperlihatkan kondisi bibir kawah dengan lebih jelas lagi. Bibir kawah terlihat seperti area sempit yang curam dan berbahaya.

Dilansir Brilio.com, menurut keterangan Norix, pemilik akun Instagram tersebut pagi itu ada sekitar 1.000 pendaki yang berada di kawasan Merapi, sedangkan yang ada di puncak sekitar 80 pendaki. Menurut keterangan yang diperoleh Norix dan sesama pendaki lainnya, korban saat berjalan turun terpeleset dan jatuh ke arah selatan kawah.

"Kondisi puncak saat itu selain panas juga ramai pendaki," kata Norix. "Belum lagi lokasi kejadian medan sangat berat dan berbahaya, banyak pendaki yang hanya berani mengambil foto di bawah puncak saja."

Rekaman itu diunggah melalui lamanhttps://instagram.com/p/2z7joht3ee/?taken-by=wani_perih dan https://instagram.com/p/2vr1EQN3fd/?taken-by=wani_perih.

Video yang disebutkan kedua telah ditonton ribuan kali dan di “love” oleh 363 akun, seperti dipantau Solopos.com, Rabu (20/5/2015) siang.

Beragam komentar bermunculan dari pengguna Instagram lain. Beberapa mengaku video rekaman tersebut cukup mengerikan.

Pemilik akun menuturkan posisi diambilnya video. Sebelah kiri deket puncak,” kata wani_perih saat ditanya akun _babiketchap_ “Posisi ambil video ini sama puncak garuda sebelah mananya?”

Diberitakan Solopos.com, Minggu (17/5/2015), posisi Eri Yunanto sudah ditemukan di kawah Merapi, Minggu (17/5) petang. Aksinya berfoto di puncak Garuda—puncak tertinggi Merapi—berujung petaka. Saat turun dari puncak Garuda, Erri Yunanto tergelincir dan jatuh ke kawah Merapi, Sabtu (16/5/2015) siang.

Foto terakhir Eri Yunanto, 21, mahasiswa Atmajaya, dipajang di depan Kantor Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Resort Selo, Boyolali, Minggu (17/5/2015) siang.

Foto tersebut menggambarkan posisi terakhir Eri Yunanto sebelum akhirnya terjatuh ke kawah Gunung Merapi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.