PENDAKI JATUH KE KAWAH MERAPI : Ada Luka Bakar, Inilah Kondisi Tubuh Eri

PENDAKI JATUH KE KAWAH MERAPI : Ada Luka Bakar, Inilah Kondisi Tubuh Eri

SOLOPOS.COM - Lintasan utama evakuasi Eri Yunanto di kawah Merapi. (Repro SAR Klaten)

Pendaki jatuh ke kawah Merapi, Eri Yunanto, diketahui mengalami berbagai luka di beberapa bagian dan patah kaki.

Solopos.com, BOYOLALI -- Jenazah Eri Yunanto, 21, yang jatuh ke kawah Merapi berhasil dievakuasi oleh tim SAR, Selasa (19/5/2015) dan tiba di lokasi penjemputan, Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, pukul pukul 16.25 WIB. Ditemukan luka bakar di tubuh Eri.

Korban langsung dibawa ke RSUD Pandanarang, Boyolali untuk kemudian di bawa ke kediaman, di Sleman, Jogja. Saat di bawa ke RSUD, keluarga korban sudah menunggu. Sementara ambulans milik PMI Sleman juga sudah stand by di RSUD Pandanarang.

Kapolres Boyolali, AKBP Budi Sartono, mengatakan penyerahan jenazah Eri terhadap keluarga dilaksanakan di RSUD Pandanarang. “Ya, tadi penyerahan dari Tim SAR kepada kepolisian, kemudian dari kepolisian kepada keluarga,” kata Kapolres, seusai evakuasi.

Di RSUD Pandanarang, tim dokter memvisum luar tubuh korban. Menurut dia, korban mengalami luka berat di beberapa bagian tubuhnya. “Antara lain, kepala, perut, dan patah kaki. Memang sampai petang ini hasil visum secara resmi belum keluar, tetapi keterangan sementara korban mengalami luka pada beberapa bagian tubuh itu,” kata Kapolres.

Dari informasi yang dihimpun Solopos.com ada beberapa luka bakar pada bagian tubuh korban. “Ya, ada luka bakar,” kata salah satu dokter yang ikut memeriksa korban.

Sebelumnya, proses evakuasi Eri Yunanto dari bibir kawah menuju pos Selo sesuai dengan target Tim SAR. “Target kami evakuasi selesai hari ini [Selasa] pukul 16.00 WIB. Ini selesai 16.25 WIB,” kata Staf SAR Mission Commander (SMC), Irwan santoso.

Hanya saja, sempat terjadi perubahan jalur evakuasi dari Pos 2 menuju Pos New Selo. Menurut Irwan, perubahan jalur itu merupakan kebijakan dari tim evakuasi. Tim evakuasi menilai, penjemputan tidak memungkinkan dilakukan di New Selo.

“Dari Pos 2 menuju New Selo tim memutuskan untuk beralih jalur agar lebih mudah. Jalur ke New Selo lebih curam dan lebih jauh, akhirnya jalur dialihkan dengan titik penjemputan di Dukuh Plalangan,” kata dia.

Selain alasan kondisi jalur, tim evakuasi juga menghindari crowded mengingat ratusan sukarelawan dari berbagai elemen termasuk puluhan awak media sudah menunggu kedatangan korban di New Selo. Di New Selo hanya untuk penjemputan tim Search Resque Unit (SRU).

Setelah misi penyelamatan ini selesai, posko evakuasi di Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) masih harus bekerja membersihkan jalur pendakian mulai dari bibir kawah sampai pos pendakian paling bawah. “Setelah ini kami masih ada tugas untuk cleaning jalur,” kata Kepala Plh BTNGM, Tri Atmojo. Sementara, 169 sukarelawan yang selama 3-4 hari berada di pos evakuasi mulai kembali ke markas masing-masing.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Dikhawatirkan Picu Kerumunan, Pasar Tiban di Pekalongan Dibubarkan

Meningkatnya aktivitas warga menjelang Lebaran, terutama di Alun-alun Kota Pekalongan rawan memicu penyebaran virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Warga di 12 Padukuhan di Sleman Dilarang Salat Id Berjamaah

Kalau sudah zona merah, salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan tidak dibolehkan.

Kemenag Jateng Sebut Sudah 300 Ulama Meninggal Akibat Covid-19

Data dari Kementerian Agama pusat ada 300 ulama yang meninggal akibat terpapar Covid-19 se-Indonesia.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

Mudik Dilarang, Pedagang di Madiun Ngeluh Pasar Sepi Jelang Lebaran

Jika dibandingkan dengan momen Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kondisi pasar menjadi paling sepi.

Usulan Liga 1 Tanpa Degradasi, Presiden Pasoepati: Ini Kompetisi atau Tarkam?

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, menyayangkan munculnya gagasan kompetisi tanpa degradasi di Liga 1 maupun Liga 2. Menurut Gondrong, liga tanpa degradasi sama saja mengebiri ruh kompetisi.

Dishub Semarang Catat 8 Titik Kemacetan Jelang Lebaran

Larangan mudik tak menyebabkan Semarang bebas macet, bahkan Dishub Kota Semarang mendeteksi adanya delapan titik kemacetan di kota ini.