SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Pendaki jatuh di kawah Merapi membuat BTNGM berinisiatif membuat miniatur puncak Merapi.

Solopos.com, BOYOLALI — Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) sebagai pengelola kawasan Gunung Merapi akan membenahi secara maksimal manajemen pendakian di gunung teraktif di dunia tersebut. Perbaikan manajemen pendakian dilakukan selama penutupan jalur pendakian hingga 15 Juni mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa hal yang sedang disiapkan BTNGM antara lain perbaikan prosedur pendakian, penataan jalur, pemasangan CCTV di Pasar Bubrah, termasuk pembuatan spot-spot khusus untuk ber-selfie atau foto-foto bagi para pendaki. Bisa jadi, spot khusus itu berbentuk miniatur puncak Gunung Merapi.

“Kami tahu pendaki tidak hanya puas jika hanya naik sampai Pasar Bubrah. Oleh karena itu, kami akan membuat spot untuk berfoto-foto, bisa berbentuk miniatur puncak,” kata Kepala BTNGM Resort Selo, Suwiknya, di sela-sela agenda doa bersama stakeholder pendakian di Base Camp Barameru Merapi, Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, Sabtu (30/5/2015).

Agenda doa bersama tersebut terkait kecelakaan di kawah Gunung Merapi yang menimpa mahasiswa Universitas Atmajaya Jogja, Eri Yunanto, 21, Sabtu (16/5/2015) lalu. Eri terjatuh ke kawah Gunung Merapi setelah berfoto di Puncak Garuda. Melalui doa bersama, harapannya kejadian serupa tak terulang lagi.

Prosedur pendakian juga akan diperketat. BTNGM melalui base camp pendakian akan menyediakan formulir bagi setiap pendaki. “Formulir tidak hanya berisi identitas lengkap pendaki. Logistik yang dibawa, perlengkapannya apa saja, nanti harus diisi di formulir tersebut.”

Penunjuk arah jalur pendakian juga akan dipasang mulai dari New Selo sampai ke Pasar Bubrah. “Kami juga bekerja sama dengan BPPTKG [Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi] untuk memasang CCTV di Pasar Bubrah. Melalui CCTV ini akan terpantau jika ada pendaki yang nekat naik ke puncak.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya