PENDAKI HILANG : Pendaki Merbabu yang Hilang Masih Pemula, Panik Ketemu Jalur Buntu

PENDAKI HILANG : Pendaki Merbabu yang Hilang Masih Pemula, Panik Ketemu Jalur Buntu

SOLOPOS.COM - Gunung Merbabu (Dok/JIBI/Solopos)

Pendaki hilang di Gunung Merbabu, Kamis (28/5/2015) petang, sempat tersesat saat bertemu jalur buntu.

Solopos.com, BOYOLALI -- Anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) yang tersesat di Gunung Merbabu pada Kamis (28/5/2015) petang akhirnya berhasil ditemukan pada Jumat (29/5/2015) dini hari. Tak hanya lima seperti informasi sebelumnya, namun ada enam orang yang ditemukan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com di Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, anggota Ubalokasi yang tersesat tidak hanya lima orang melainkan enam orang. Mereka diketahui bernama Rizky dari Sambi, Mugni dari Andong, Ahmad dari Simo, Danang dari Andong, dan Wahyu dari Simo, dan Azis dari Andong.

Saat ditemukan, anggota Ubaloka masih berada di bawah Watu Tulis atau berpindah sekitar 1.000 meter dari jalur pendakian. Salah satu anggota bernama Ahmad kondisinya drop. “Sekitar pukul 23.45 WIB tim kami berhasil menyentuh posisi survivor. Kemudian kami evakuasi dan sekitar pukul 03.00 WIB sampai di base camp,” jelas Komandan SAR BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, saat ditemui Solopos.com, Jumat.

Belakangan diketahui anggota Ubaloka dari Simo itu adalah anggota Pramuka yang pernah dididik tim SAR Boyolali untuk menjadi SAR-nya Pramuka. “Tetapi memang mereka terhitung masih baru sebagai pendaki gunung. Begitu langit gelap, bertemu jalur buntu, mereka takut, dan akhirnya menghubungi teman yang di bawah dan minta pertolongan bahwa mereka tersesat.”

Evakuasi terhadap enam anggota Ubaloka berjalan lancar karena survivor cukup kooperatif. Saat tim SAR masih bisa melakukan kontak seluler dengan salah satu pendaki, Rizky, dan meminta mereka tidak berpindah tempat dari lokasi terakhir. “Saya sempat sampaikan kepada mereka, kalian itu petualang jangan takut tetap di situ,” kata Kurniawan.

Enam anggota Ubaloka naik ke Gunung Merbabu sejak Rabu (27/5/2015) pukul 19.00 WIB. Izin mereka naik gunung hanya sampai Kamis siang. Saat ditemukan mereka masih membawa logistik yang cukup. “Semuanya sehat karena logistik mereka masih cukup, hanya ada satu orang yang sakit.”

Berita Terkait

Berita Terkini

Berkerumun dan Tak Bermasker di Umbul Ponggok, Emak-Emak Disambangi Polisi

Sejumlah warga yang berkerumun dan tak bermasker di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten, mendapat peringatan dari Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasatsabhara) Polres Klaten, AKP Sri Anggono.

Lebaran 2021, Jumlah Kunjungan Wisata ke Tawangmangu Meroket

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar meroket di libur Lebaran 2021 Jumat (14/5/2021).

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).