SOLOPOS.COM - Gunung Merbabu (Dok/JIBI/Solopos)

Pendaki hilang di Gunung Merbabu, Kamis (28/5/2015) petang, sempat tersesat saat bertemu jalur buntu.

Solopos.com, BOYOLALI — Anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) yang tersesat di Gunung Merbabu pada Kamis (28/5/2015) petang akhirnya berhasil ditemukan pada Jumat (29/5/2015) dini hari. Tak hanya lima seperti informasi sebelumnya, namun ada enam orang yang ditemukan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Informasi yang dihimpun Solopos.com di Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, anggota Ubalokasi yang tersesat tidak hanya lima orang melainkan enam orang. Mereka diketahui bernama Rizky dari Sambi, Mugni dari Andong, Ahmad dari Simo, Danang dari Andong, dan Wahyu dari Simo, dan Azis dari Andong.

Saat ditemukan, anggota Ubaloka masih berada di bawah Watu Tulis atau berpindah sekitar 1.000 meter dari jalur pendakian. Salah satu anggota bernama Ahmad kondisinya drop. “Sekitar pukul 23.45 WIB tim kami berhasil menyentuh posisi survivor. Kemudian kami evakuasi dan sekitar pukul 03.00 WIB sampai di base camp,” jelas Komandan SAR BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, saat ditemui Solopos.com, Jumat.

Belakangan diketahui anggota Ubaloka dari Simo itu adalah anggota Pramuka yang pernah dididik tim SAR Boyolali untuk menjadi SAR-nya Pramuka. “Tetapi memang mereka terhitung masih baru sebagai pendaki gunung. Begitu langit gelap, bertemu jalur buntu, mereka takut, dan akhirnya menghubungi teman yang di bawah dan minta pertolongan bahwa mereka tersesat.”

Evakuasi terhadap enam anggota Ubaloka berjalan lancar karena survivor cukup kooperatif. Saat tim SAR masih bisa melakukan kontak seluler dengan salah satu pendaki, Rizky, dan meminta mereka tidak berpindah tempat dari lokasi terakhir. “Saya sempat sampaikan kepada mereka, kalian itu petualang jangan takut tetap di situ,” kata Kurniawan.

Enam anggota Ubaloka naik ke Gunung Merbabu sejak Rabu (27/5/2015) pukul 19.00 WIB. Izin mereka naik gunung hanya sampai Kamis siang. Saat ditemukan mereka masih membawa logistik yang cukup. “Semuanya sehat karena logistik mereka masih cukup, hanya ada satu orang yang sakit.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya