Tutup Iklan

PENDAKI HILANG : Menstruasi, 2 Perempuan Pendaki Sleman Ngedrop dan Tersesat

PENDAKI HILANG : Menstruasi, 2 Perempuan Pendaki Sleman Ngedrop dan Tersesat

SOLOPOS.COM - Gunung Merbabu (Dok/JIBI/Solopos)

Pendaki hilang di Merbabu kemarin bukan hanya satu kelompok, melainkan ada dua kelompok.

Solopos.com, BOYOLALI -- Anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) bukan satu-satunya kelompok yang tersesat di Gunung Merbabu, Kamis (28/5/2015) petang. Mereka adalah dua pendaki perempuan asal Sleman yang sedang mengalami menstruasi dan kondisinya drop di jalur pendakian.

Tim SAR menemukan dua orang pendaki perempuan itu dalam kondisi sakit di Pos III Gunung Merbabu pada hari yang sama dengan penemuan anggota Ubaloka. Tim SAR akhirnya membawa turun kedua pendaki itu ke base camp. “Mereka naik berlima. Dua cewek tiga cowok. Yang cowok turun terlebih dahulu untuk meminta pertolongan,” kata Komandan SAR BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, saat ditemui Solopos.com, Jumat.

Sayangnya, Tim SAR tidak sempat mencatat identitas mereka. Begitu dievakuasi dari jalur pendakian dan sempat beristirahat di base camp, mereka memutuskan segera pulang ke DIY.

Kelompok pendaki dari DIY ini diketahui naik tanpa pemberitahuan ke Polsek Selo. Selain itu, dua perempuan asal Sleman yang kondisinya drop di Pos III juga mengaku sedang menstruasi. “Padahal jelas ada larangan, perempuan menstruasi dilarang naik gunung. Secara biologis, perempuan yang sedang menstruasi, kemudian nekat naik gunung kondisi fisiknya akan drop.”

Kanit Sabhara Polsek Selo, Tri Prihastono, membenarkan ada dua pendaki perempuan dari Sleman yang dievakuasi tim SAR karena sakit di Pos III. Dia juga menyebut dua pendaki naik bersama tiga pendaki lain dan tidak menyampaikan pemberitahuan ke Polsek Selo.

“Sebenarnya Polsek tidak dalam kapasitas mengizinkan naik atau tidak. Tetapi, paling tidak kami mengimbau kepada pendaki kalau mau naik ke Merapi atau Merbabu setidaknya menyampaikan pemberitahuan ke Polsek,” kata Tri.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tanda Tangan Kontrak Baru, Roberto Mancini Latih Timnas Italia hingga 2026

Pelatih tim nasional Italia Roberto Mancini telah menandatangani kontrak baru yang berlaku hingga Juni 2026.

Jegal Persik Kediri, Persis Solo Boyong Rivaldi Bawuo

Selain fasih sebagai winger kiri, posisi utamanya, Rivaldi dapat dimainkan sebagai winger kanan maupun penyerang tengah.

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.