SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendakian gunung (JIBI/Solopos/Antara/Teresia May)

Pendaki hilang asal Tegal yang semula tak diketahui keberadaanya di Gunung Slamet telah ditemukan tim SAR.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pencarian terhadap dua pendaki asal Tegal yang tersesat di Gunung Slamet akhirnya membuahkan hasil. Senin (18/7/2016) siang, kedua pendaki yang diidentifikasi sebagai warga Desa Kedawung, Kecamatan Bojong, Kabupaten Kendal, Riza, 16, dan Anwar, 17, itu ditemukan dalam kondisi selamat sekitar pukul 11.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Pos Search and Rescue (SAR) Cilacap, Mulwahyono, mengatakan kedua pendaki itu ditemukan oleh pegawai Dinas Pariwisata Guci yang kebetulan melintas di jalur pendakian Gunung Slamet. “Keduanya ditemukan di antara kebun teh dan hutan. Kondisi keduanya cukup mengenaskan saat ditemukan oleh petugas Dinas Pariwisata Guci,” tutur Mulwahyono dalam siaran pers kepada Semarangpos.com, Senin siang.

Mulwahyono menambahkan saat ditemukan kondisi Anwar lemah, begitu juga rekannya, Riza. Bahkan, menurut Mulwahyono, Riza terindikasi shock dan hypotermia. “Keduanya langsung diangkut ke Puskesmas Bumijawa, Tegal untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut terkait kesehatannya,” imbuh Mulwahyono.

Sementara itu, salah seorang anggota Basarnas Pos SAR Cilacap lainnya, Saiful Anwar, menyebutkan saat dimintai keterangan salah satu korban mengaku nyaris mencapai puncak, tepatnya di batas vegetasi. Namun, setelah itu mereka kebingungan mencari arah pulang karena terhalang kabut.

“Pandangan mereka terbatas karena kabut yang tebal sehingga tidak tahu arah turun via Kedawung, sehingga mereka memutuskan turun melewati jalur pendakian Guci,” beber Saiful.

Sebelumnya, Riza dan Anwar yang tergabung dalam rombongan 14 pendaki Gunung Slamet dikabarkan hilang. Sementara, ke-12 rekannya memutuskan batal melakukan pendakian karena cuaca buruk berupa hujan dan angin kencang yang melanda Gunung Slamet.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya