SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Jumlah pendaki di Gunung Lawu diprediksi akan meningkat pada malam pergantian tahun, meskipun curah hujan masih cukup tinggi hingga Januari 2012. Menurut Administratur Perum Perhutani Surakarta Iwan Setiawan kegiatan pendakian pada malam pergantian tahun merupakan ritual yang terus dilakukan setiap tahunnya.

Iwan mengungkapkan bahwa pihaknya tidak melarang kegiatan ini meskipun curah hujan mempertinggi risiko pendakian. Iwan meminta pendaki untuk mewaspadai dampak dari curah hujan yaitu tanah longsor, track pendakian yang licin hingga suhu udara yang ekstrim. Dia juga mengimbau kepada seluruh pendaki yang akan melakukan pendakian di Gunung Lawu agar mempersiapkan kondisi fisik danjuga perlengkapan untuk keperluan selama melakukan pendakian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih lanjut Iwan mengungkapkan jumlah pendaki tahun kemarin sekitar 1.000 orang. Tetapi untuk tahun 2011, Iwan belum dapat memprediksi jumlahnya. Untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah pendaki, sejumlah instansi terkait telah menyiapkan tiga pos pengamanan serta menempatkan personel di sejumlah pos pendakian. Tiga pos antara lain tersebar di Candi Cetho, Cemoro Kandang serta di Markas (Mako) BPBD. Selama ini para pendaki yang naik ke Gunung Lawu biasanya melewati dua jalur yakni jalur utara dan selatan. Untuk jalur utara biasanya para pendaki menggunakan pos di Candi Cetho, Jenawi. Sedangkan untuk jalur selatan biasanya lewat Cemoro Kandang, Tawangmangu. [SPFM/lia]

Ekspedisi Mudik 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya