SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

Ada sekolah pinggiran yang belum memenuhi kuota.

Harianjogja.com, SLEMAN- Penerimaan peserta didik baru tingkat sekolah dasar tahun ajaran 2016/2017 di Kabupaten Sleman yang dibuka mulai Senin, 20 Juni terpantau sekolah favorit masih banyak diburu orang tua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan di lapangan, PPDB pada hari pertama ini sejumlah sekolah favorit sudah melebihi kuota penerimaan, sementara ada sekolah pinggiran yang belum memenuhi kuota.

Seperti di SD Negeri Denggung, Slemam jumlah pendaftar PPDB telah melebihi kuota rombongan belajar yang ada.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tahun ini daya tampung SD Negeri Denggung sebanyak 56 siswa atau dua rombongan belajar (rombel). Hari pertama sampai dengan pukul 10.00 WIB sudah ada 65 pendaftar,” kata Kepala Sekolah SD Negeri Deggung Sri Susilowati seperti dikutip Antara, Senin (20/6/2016).

Pelaksanaan PPDB akan berlangsung hingga 23 Juni. Biasa, setelah hari pertama jumlah pendaftar sudah melebihi kuota, orang tua akan mencari tempat lain.

“Tahun lalu, jumlah pendaftar di SD Negeri Denggung mencapai lebih dari 70 orang,” katanya.

Ia mengatakan, syarat pendaftaran siswa SD yakni usia tujuh tahun. Bahkan, ada pula orang tua yang mendaftarkan anaknya meski belum memasuki usia syarat SD atau di bawah enam tahun.

“Mereka yang masih di bawah syarat, disarankan untuk menempuh taman kanak-kanak. Adapun pendaftar termuda di SD Negeri Denggung saat ini berusia lima tahun delapan bulan. Sementara yang paling tua tujuh tahun enam bulan,” katanya.

Sementara di SD Negeri Sendangadi 2, Kecamatan Mlati, pada hari pertama jumlah pendaftar belum memenuhi rombel sebanyak 28 siswa atau satu rombel.

“Hari pertama jumlah pendaftar sebanyak 20 orang,” kata Kepala Sekolah SD Negeri Sendangadi 2 Sumaryati.

Menurut dia, jumlah pendaftar hari pertama ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun lalu jumlah pendaftar hanya 18 orang.

“Memang setiap tahun sekolah kami jarang memenuhi kuota,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya