SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung [SPFM], Sistem penerimaan mahasiswa baru kampus negeri lewat jalur Program Beasiswa Pendidikan bagi Calon Mahasiswa Berprestasi (Bidik Misi) tahun ini mengalami perubahan. Seluruh rektor perguruan tinggi negeri sepakat mendahulukan pendaftaran jalur beasiswa untuk mencegah penipuan status ekonomi oleh calon mahasiswa.

Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung Akhmaloka menjelaskan sekarang calon mahasiswa yang ingin mengambil program Bidik Misi harus mendaftar dulu, sebelum ikut mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pendaftaran dilakukan melalui jalur undangan kampus, ujian tulis SNMPTN, dan ujian mandiri yang diselenggarakan PTN. Selanjutnya panitia akan langsung memverifikasi status ekonomi pendaftar Bidik Misi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, sistem pendaftaran lama membuat mayoritas dari 60 PTN kecolongan. Setelah dinyatakan lulus SNMPTN, ternyata ada pendaftar Bidik Misi yang tidak pantas menerima beasiswa karena berasal dari keluarga mampu berdasarkan hasil verifikasi tim kampus. Hak beasiswa itu lalu dicabut dan dialihkan ke mahasiswa baru yang benar-benar miskin. Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia mengungkapkan tahun lalu ada 15 mahasiswa baru yang dicabut hak beasiswanya. [tempo/rda]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya