SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Menjelang dua hari sebelum penutupan pendaftaran brigadir polisi, data pendaftar menunjukkan animo publik yang cukup tinggi. Sejak pendaftaran dibuka 26 Maret 2014 sampai Rabu (16/4/2014) terdata 204.440 orang pendaftar.

“Alhamdulillah, kami sampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang masih percaya bahwa salah satu instansi yang menjadi harapan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara adalah melalui Polri,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol. Agus Rianto, Kamis (17/4/2014).

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Dari 204.440 pendaftar, lanjut Agus, sebanyak 127.375 orang telah lulus dalam tahap verifikasi dengan jumlah pendaftar pria sebanyak 88.572 orang dan wanita sebanyak 38.803 orang. Pendaftaran untuk bergabung di kepolisian sendiri akan berakhir Sabtu (19/4/2014) lusa.

Pihak kepolisian memutuskan memperpanjang batas akhir pendaftaran lantaran adanya ujian nasional bagi pelajar SMA dan sederajat. Sebelumnya, Polri telah membuka pendaftaran bagi masyarakat untuk bergabung di kepolisian. Tak seketat sebelumnya, kini Polri menurunkan standar.

Penerimaan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemenuhan kebutuhan personel kepolisian di seluruh Indonesia. Bagi brigadir polisi laki-laki, Polri menerima sebanyak 10.750 anggota baru, dan bagi polisi wanita, Polri menerima 7.000 anggota baru. Banyaknya jumlah polwan yang baru diterima oleh Polri berkenaan dengan kebutuhan pemenuhan polwan di setiap polsek di Indonesia.

Saat ini di Pulau Jawa dan Jakarta telah ada beberapa polsek yg diawaki oleh polwan. Namun, polsek yang dimiliki oleh Polri berjumlah 4.478 dan tersebar di seluruh Indonesia. Diharapkan dengan adanya 7.000 wanita polisi atau yang biasa disebut polwan baru akan dapat memenuhi kebutuhan penempatan polwan di seluruh mapolsek.

“Supaya kalau ada kasus yang berkaitan dengan wanita dan anak-anak, dapat ditangani oleh polwan,” tukas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya