SOLOPOS.COM - Ilustrasi polisi. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SOLO – Mungkin banyak orang penasaran dengan besaran gaji bintara polisi yang saat ini sedang membuka pendaftaran penerimaan.

Menjadi anggota polisi merupakan cita-cita banyak generasi muda karena dinilai memiliki prestise tinggi. Seleksi penerimaan Bintara Polri 2023 dibuka mulai 31 Maret 2023, hingga 11 April 2023.

Promosi Anak Usaha Telkom Ikut Garap Proyek Kabel Laut Internasional 11.000 Km

Polri kembali membuka pendaftaran bagi siapa saja yang telah memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan berminat menjadi bagian dari Polri lewat jalur seleksi masuk Taruna Bintara.

Pendaftaran calon taruna Bintara Polri biasanya ramai dan jumlah pendaftarnya lebih banyak dibanding Tamtama. Itu disebabkan karena setelah lulus dan berhasil diterima nanti, Bintara memiliki pangkat di atas Tamtama. Ditambah lagi masa pendidikannya juga tidak jauh berbeda. Pendidikan Tamtama Polri selama lima bulan, sementara masa pendidikan Bintara selama tujuh bulan.

Setelah dinyatakan lulus menjalani masa pendidikan selama tujuh bulan di Sekolah Polisi Negara (SPN), para taruna bintara akan menerima pangkat awal sebagai brigadir polisi dua (Bripda). Pangkat tersebut bisa terus meningkat hingga mencapai ajudan inspektur satu (Aiptu).

Lantas berapa gaji yang akan diterima Bintara Polri?

Gaji yang diterima oleh taruna bintara Polri diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 Tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Adapun besarannya berkisar Rp2.103.700 hingga Rp 3.457.100 untuk pangkat terendah Bripda, dan Rp 2.454.000 hingga Rp4.032.600 untuk pangkat tertinggi Aipda.

Itulah ulasan tentang gaji Bintara Polri yang mungkin bisa menjadi penyemangat untuk mendaftar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya