SOLOPOS.COM - Dokumen persyaratan DPD PDI-P Kota Jogja dikembalikan KPU Kota Jogja, Rabu (11/10/2017). (Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja)

Setelah 11 hari dibuka, KPU Kota Jogja baru menerima dokumen dari tiga parpol, Jumat (13/10/2017)

 

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Harianjogja.com, JOGJA– Setelah 11 hari dibuka, KPU Kota Jogja baru menerima dokumen dari tiga parpol, Jumat (13/10/2017). Partai Solidaritas Indonesia, Nasional Demokrat, dan Perindo menjadi partai yang telah menyerahkan dokumen untuk verifikasi parpol.

Ekspedisi Mudik 2024

Walaupun menjadi yang pertama datang ke KPU Kota Jogja. Partai Nasdem bukanlah partai pertama yang diterima dokumennya oleh KPU Kota Jogja. Pasalnya saat perhitungan pertama, Partai Nasdem hanya memberikan 483 KTP dan 483 KTA dari 487 yang tercatat di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Awalnya, petugas KPU dan Nasdem masih percaya bahwa empat dokumen tersebut terselip saat dihitung. Namun setelah dicek kembali, ternyata dokumen milik Nasdem memang belum lengkap.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU Kota Jogja, Sri Surani mengatakan bahwa KPU Jogja hanya akan menerima ketika dokumen sama seperti SIPOL. “Kalau SIPOL bilang sekian, ya harus sama,” terangnya.

Disaat prosesi pengembalian dokumen milik Partai Nasdem belum selesai, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah datang untuk memenuhi persyaratan. PSI yang datang pada pukul 09.15 WIB itu membawa 456 KTA dan 456 KTP. Hal tersebut merupakan jumlah yang sesuai dengan yang tercatat di SIPOL.

Menjadi yang pertama diterima KPU Kota Jogja, Ketua DPW PSI DIY, Sigit Nugroho tidak ingin berbangga hati. Ia masih menunggu bagaimana kelanjutan Dewan Perwakilan Pusat (DPP) PSI yang belum diterima dokumennya. “Proses masih panjang,” tutupnya.

Partai Nasdem memenuhi empat dokumen yang tertinggal pada pukul 11.00 WIB. Artinya Partai Nasdem menjadi pendaftar kedua yang diterima KPU Jogja. Terakhir verifikasi parpol hari itu ditutup dengan datangnya partai Persatuan Indonesia (Perindo). Perindo datang untuk memenuhi berkas yang belum lengkap saat mendatangi KPU Jogja, Senin (9/10/2017). Perindo datang bersama 1316 KTP dan KTP untuk memenuhi persyaratan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya