SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)--Pengurus DPC Partai Demokrat (PD) Wonogiri benar-benar dibuat kalang kabut. Menjelang berakhirnya jadwal pendaftaran calon bupati ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (24/6), mereka belum mendapat kepastian siapa pasangan calon yang akan didaftarkan.

Kondisi itu diperparah dengan adanya kabar Pjs Ketua DPC Demokrat Wonogiri, Tety Indarti, Rabu (23/6), justru tengah berada di luar negeri, tepatnya Singapura. Padahal, Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) membutuhkan tanda tangan Tety sebagai syarat kelengkapan berkas persyaratan pengajuan calon ke KPU. Tanpa tanda tangan itu, Demokrat tidak akan bisa mendaftarkan calon ke KPU.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Atas dasar itulah, Rabu kemarin, sejumlah pengurus termasuk Ketua Bapilu Demokrat, Sigit HP serta sejumlah pengurus DPC dan empat ketua anak cabang mendatangi KPU untuk berkonsultasi mengenai langkah apa yang bisa diambil oleh pengurus.

“Kami datang ke KPU hari ini (kemarin) karena kami sudah sangat resah dan khawatir, waktunya sudah mepet tapi pasangan calon belum dipastikan. Ditambah lagi, Bu Tety sekarang ada di Singapura,” ungkap Sigit, saat ditemui seusai berkonsultasi dengan Ketua KPU, Joko Purnomo.

Sebagaimana diinformasikan, Partai Demokrat merupakan salah satu anggota KBWB. Namun, kabar terakhir, seperti yang juga dikemukakan oleh Sigit, Demokrat berniat mengusung pasangan calon sendiri bersama PKS dan Koalisi Besar Partai Non Parlemen (KBPNP). Pasangan yang akan diusung yaitu Haryanto dan mantan Sekda Sukoharjo, HM Suprapto. Namun, Sigit mengatakan, sementara KPBNP telah memastikan kesediaannya, PKS belum memberikan jawaban.

Terpisah, Ketua KPU Joko Purnomo mengatakan, aturannya, tanpa tanda tangan dari ketua atau Pjs ketua partai, partai yang bersangkutan tidak bisa mendaftarkan calon.

“Bu Tety bisa mewakilkan tanda tangannya kepada orang lain, tapi itu harus melalui rapat pleno dengan berita acara. Itupun sepertinya tidak bisa karena Bu Tety tidak ada. Kami menyarankan pengurus DPC PD secepatnya berkonsultasi dengan DPP,” jelasnya.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya