Pendaftaran Capres Pasoepati Mulai Dibuka, Calon Dilarang Pamer Massa
Suporter Persis Solo, Pasoepati. (M Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Bakal calon presiden atau capres dan calon wakil presiden atau cawapres Pasoepati 2021-2023 diminta tak membawa massa pendukung saat pendaftaran Kongres VIII Pasoepati.

Panitia kongres mengimbau masing-masing pasangan calon hanya membawa perwakilan pendukung untuk mengantisipasi persebaran Covid-19. Pendaftaran capres dan cawapres Pasoepati bakal digelar di Balai Persis selama dua hari, Senin-Selasa (28-29/12/2020).

Percepat Penanganan Covid-19, Pemkab Klaten Tambah 7 Ambulans Baru

Tahapan pendaftaran calon dilakukan setelah panitia kongres merampungkan sosialisasi syarat pencalonan ke seluruh korwil. Pengarah Steering Committee Kongres VIII, Ekya Sih Hananto, mewanti-wanti pasangan calon agar tidak mengerahkan massa saat pendaftaran di Balai Persis.

“Tidak perlu membawa banyak pendukung, cukup perwakilan saja. Bukannya kami mau membatasi antusiasme teman-teman, tapi kondisinya masih seperti ini [pandemi Covid-19],” ujar Ekya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (27/12/2020).

3 Calon

Sebagai informasi, ada tiga bakal pasangan calon yang siap maju dalam kontestasi yakni Maryadi Gondrong-Agus Ismiyadi (Gas), Prapto Koting-Sapta Oox (Prasaja) dan Agus Warsoep-Beto (Abe). Ekya menyebut momen pendaftaran bisa menjadi langkah awal pasangan calon untuk merebut hati anggota Pasoepati maupun masyarakat Solo secara umum.

“Nanti pasti orang akan menilai. Jadi saya harap ketiga pasangan bisa mengambil simpati suporter dan warga dengan tidak mengundang kerumunan,” ujar Ekya yang juga menjabat Ketua Majelis Pasoepati.

Bakal capres Prapto Koting mengaku tak berencana melakukan show of force saat pendaftaran. Dia memahami kondisi belum memungkinkan karena pandemi. “Saya belum tahu mau mendaftar Senin atau Selasa. Yang jelas saya menyarankan korwil pengusung nanti tak perlu unjuk massa. Kita taati aturan pemerintah,” ujar anggota DPRD Karanganyar itu.

Seusai Takziah ke Pacitan, Warga Kota Madiun Terpapar Covid-19 dan Meninggal

Senada, capres Agus Warsoep juga berkomitmen tak memantik kerumunan di Balai Persis. “Paling hanya diantar teman-teman, tidak banyak. Kami taat protokol kesehatan,” ujar Agus yang berencana mendaftar Senin pukul 15.00 WIB.

Sementara itu capres Maryadi Gondrong masih perlu rapat dengan korwil pengusungnya ihwal pendaftaran di Balai Persis. “Insya Allah besok Senin [daftar]. Teknisnya baru mau kami rapatkan nanti [Minggu] malam.”



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom