SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Iskandar)

WONOGIRI – Kendati waktu perbaikan berkas pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) tinggal tiga hari, 10 partai politik (parpol) di Wonogiri belum menyampaikan berkas perbaikan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah memperbaiki berkas pendaftaran caleg dan dinyatakan lengkap 100%. PKS menyerahkan berkas perbaikan tersebut Sabtu (18/5/2013). Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Joko Purnomo, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (19/5/2013), mengatakan sampai Minggu belum ada parpol lain, selain PKS yang menyerahkan berkas perbaikan pendaftaran caleg dan dinyatakan lengkap. Artinya, masih ada 10 parpol yang harus menyerahkan berkas perbaikan sampai tiga hari ke depan.

“Yang sudah beres, 100%, baru PKS. Yang lainnya memang sudah ada yang menyerahkan berkas perbaikan tapi belum semuanya beres. Termasuk PAN [Partai Amanat Nasional] yang sudah dua kali menyerahkan, tapi belum 100% betul semua,” terang Joko.

Menurut Joko, terdapat perubahan dalam berkas perbaikan yang disampaikan pengurus DPD PKS Wonogiri, Sabtu. Dalam berkas tersebut, PKS tidak melakukan perbaikan terhadap berkas satu bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Daerah Pemilihan (Dapil) I. Nama bacaleg itu juga tidak ada dalam daftar nama caleg PKS. Dengan demikian, maka jumlah caleg yang didaftarkan parpol tersebut berubah dari 45 orang menjadi hanya 44 orang. PKS berarti juga mengoreksi jumlah caleg di Dapil I, dari 11 orang menjadi 10 orang.

Sementara itu, untuk parpol lain, dia menerangkan saat ini sejumlah pengurus parpol sudah melakukan konsultasi dan satu parpol, yakni PAN, telah mengumpulkan berkas perbaikan. Namun, hingga Minggu, belum ada parpol yang berkas pendaftaran calegnya dinyatakan lengkap 100%. Joko berharap pengurus 10 parpol segera menyerahkan berkas tersebut sehingga mereka bisa memenuhi semua perbaikan sesuai jadwal maksimal Rabu (22/5). “Walaupun masih ada waktu, kami sarankan segera saja. Sebab, belum tentu sekali datang menyerahkan semua benar. Kalau jauh hari kan bisa punya waktu memperbaiki seandainya kurang,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Minggu, Ketua DPD PKS Wonogiri, Dewaky Hendry Astantono, membenarkan pihaknya telah memperbaiki berkas pendaftaran caleg pada Sabtu. Dia juga membenarkan ada satu nama caleg yang akhirnya dicoret, sehingga PKS pada Pemilu Legislatif 2014 dipastikan hanya mencalonkan 44 caleg. Menurut Dewaky, revisi jumlah caleg tersebut dilakukan setelah salah satu caleg menyatakan mundur. Alasannya, yang bersangkutan ingin konsentrasi pada bisnis yang baru saja dibangun dan fokus pada keluarga.

“Alhamdulillah PKS sudah menyerahkan berkas perbaikan dan dinyatakan lengkap pada hari Sabtu. Akhirnya jumlah caleg kami ada 44 orang. Yang satu mundur atas kemauan sendiri,” beber Dewaky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya