SOLOPOS.COM - PKS Solo saat mendaftarkan caleg di KPU Solo, Senin (15/4/2013). (JIBI/SOLOPOS/Taufiq Sidik P)

PKS Solo saat mendaftarkan caleg di KPU Solo, Senin (15/4/2013). (JIBI/SOLOPOS/Taufiq Sidik P)

SOLO — Partai politik (parpol) di Kota Solo mulai mendaftarkan para calon anggota legislatif (caleg) ke KPU Solo. Dalam proses pendaftaran tersebut, para caleg dari DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo menjadi partai pertama yang mendaftar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Pokja Pendaftaran Caleg, Untung Sutarto, mengungkapkan meski proses pendaftaran sudah dibuka sejak Selasa (9/4/2013), namun baru satu partai yang mendaftarkan para caleg-nya ke KPU. “Ini yang pertama. Mungkin saja parpol-parpol besar di Kota Solo baru mendaftarkan para caleg setelah semua berkas yang diminta KPU sudah lengkap. Kalau pendaftaran kami terima pukul 08.00 WIB-18.00 WIB,” jelasnya saat ditemui di KPU Solo, Banjarsari, Senin (15/4/2013).

Untung menuturkan terdapat sejumlah persyaratan yang berbeda dengan proses pemilihan sebelumnya. “Salah satunya keterangan bebas narkoba. Itu harus dilampirkan,” terangnya.

Ketua KPU Solo, Didik Wahyudiono, mengatakan proses pemeriksaan berkas membutuhkan waktu tak sedikit. “Ini kami lihat dulu seberapa lama proses verifikasi berkas untuk kami atur pada proses pemeriksaan. Kami tidak bisa meminta mereka untuk datang hari tertentu. Yang bisa kami lakukan ya mengatur teknis di KPU saja,” terangnya.

Disampaikannya, sejumlah bakal mendaftarkan para caleg mereka pada pekan ini. “Pekan ini mungkin pada tanggal 17 April nanti dari informasi ada tiga partai yang akan mendaftar. Kalau hari ini mungkin ada dua partai,” jelasnya.

Ketua DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto, mengatakan 45 caleg didaftarkan untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Disampaikannya, jumlah caleg yang didaftarkan oleh PKS sesuai kuota kursi yang bakal diperebutkan. “Caleg PKS 45 orang, ini full 100%. Hari ini kami mendaftar ke KPU dengan menyerahkan berkas-berkas,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya