SOLOPOS.COM - Ilustrasi (guardian.co.uk)

Ilustrasi (guardian.co.uk)

Ilustrasi (guardian.co.uk)

WONOGIRI – Sebagian partai politik (parpol) masih mempertimbangkan mengubah atau menambah calon anggota legislatif (caleg) yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri. Hal itu membuat sedikitnya delapan parpol belum juga menyerahkan berkas perbaikan meski tenggat penyerahan berkas adalah Rabu (22/5/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah pengurus parpol mengaku perubahan caleg terjadi karena ada nama baru yang berminat bergabung dan ada pula caleg yang memilih pindah ke parpol lain. Sementara itu, pada Senin, dua parpol yakni PDIP dan PKPI, telah menyusul PKS, menyerahkan berkas perbaikan caleg. Keduanya tidak melakukan perubahan nama caleg.

Sekretaris DPC Gerindra Wonogiri, Suratno, mengatakan pihaknya belum menyerahkan berkas perbaikan sebab masih butuh waktu untuk menuntaskan semua berkas. Sartono mengaku ada perubahan kecil dalam daftar 45 caleg Gerindra yang membuat waktu menyiapkan berkas perbaikan lebih lama. “Ada satu caleg yang pilih mundur karena merasa tidak cocok dimasukkan di dapil [daerah pemilihan] yang ditetapkan partai. Akhirnya yang bersangkutan pindah di parpol lain. Jadi dia harus kami ganti dengan nama baru. Jadi ada nama baru di Dapil I,” jelas Suratno kepada Solopos.com.

Suratno mengakui memutuskan menyerahkan berkas perbaikan ke KPU pada Selasa (21/5) dengan berbagai pertimbangan. Pertimbangan dimaksud selain terkait kesiapan berkas satu caleg baru, juga menyangkut sejumlah caleg yang berkas kelengkapannya sulit dicari.

Sementara itu, sejumlah pengurus parpol mengaku lamanya waktu menyiapkan berkas juga disebabkan caleg baru membutuhkan waktu untuk memenuhi semua berkas. Sekretaris DPC PPP Wonogiri, Murwan Suhudi, menyatakan ada dua caleg baru dalam daftar caleg PPP. Dua caleg baru ini menambah daftar caleg PPP sementara menjadi 43 orang. Menurut Murwan, keduanya kini tengah berproses melengkapi berkas. Salah satunya berkas berupa keterangan bebas narkoba dari dokter di rumah sakit pemerintah. Persiapan berkas itu membuat pihaknya memilih menyampaikan berkas perbaikan pada hari terakhir penyerahan berkas perbaikan, Rabu (22/1/2013).

Ketua KPU Wonogiri, Joko Purnomo, membenarkan masih ada parpol yang menyiapkan berkas perbaikan sehingga urung menyerahkan berkas. Sejauh ini, dia menjelaskan baru tiga parpol yang menyerahkan berkas perbaikan, yakni PKS, PDIP dan PKPI. Sedangkan Partai Hanura dan Partai Gerindra merencanakan Selasa. Menurut Joko, setelah berkas diterima, KPU masih akan melakukan verifikasi berkas pendaftaran caleg selama sepekan setelah hari penutupan, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya