SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi CPNS. (Solopos-Dok.)

Solopos.com, SOLO — Jumlah pendaftar seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tahun 2019 diprediksi mencapai 6.000-7.000 orang.

Kepala Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD) Solo, Rachmat Sutomo, Senin (28/10/2019), mengatakan berdasarkan pengalaman perekrutan CPNS tahun lalu, jumlah pelamar untuk 461 lowongan mencapai 7.000an orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rachmat menduga tahun ini angka pelamar tidak jauh dari itu karena kuota untuk Pemkot Solo berjumlah 412 lowongan CPNS.

“Paling 6.000-7.000 pelamar karena formasinya 412 dari permintaan 500. Angka yang disetujui ini menyesuaikan komposisi belanja langsung dan tidak langsung serta jumlah PNS yang purnatugas,” tandas Rachmat Sutomo.

Perincian 412 lowongan CPNS itu, ungkap dia, terdiri dari 162 lowongan tenaga pendidikan, 135 tenaga kesehatan, dan sisanya tenaga teknis lainnya. Tenaga teknis lainnya itu di antaranya pengelola keuangan, analis perencanaan, dan analis pemerintahan.

Dia menerangkan pendaftaran CPNS bakal dimulai 11 November mendatang. Informasi tersebut didapat setelah surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokraksi (PANRB) diterima Badan Pendidikan Kepegawaian Pendidikan dan Daerah (BKPPD), pada Senin.

Menurut Rachmat Sutomo, pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara online menggunakan portal SSCASN BKN (Badan Kepegawaian Negara).

“Seperti rekrutmen sebelumnya, setiap pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota. Pendaftaran berbasiskan nomor induk kependudukan (NIK),” kata dia.

Berdasarkan surat yang ditandatangani Menpan RB, Tjahjo Kumolo, pengumuman seleksi administrasi berlangsung pada Desember yang disusul masa sanggah hingga Januari.

Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) rencananya dimulai Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

“Nah, berdasarkan surat dari Menpan RB pada 1 Oktober, pelaksanaannya kan mandiri. Kami baru membuat kajian apakah untuk sewa komputer dan perantinya ini harus lelang atau penunjukan. Anggaran sudah kami siapkan seluruhnya, total Rp1,5 miliar,” jelasnya.

Sejumlah lokasi yang dibidik untuk tes CPNS di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, SMK Negeri 7 Solo, dan SMK Negeri 8 Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya