SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencuri diborgol (JIBI/dok)

Beberapa bulan terakhir mulai terjadi tindak kriminal berupa pencurian ternak.

Harianjogja.com, WONOSARI-Mendekati perayaan hari raya kurban, Kepolisian Resor Gunungkidul menghimbau masyarakat agar lebih gencar melakukan pengawasan terhadap hewan ternak yang dipelihara. Pasalnya, beberapa bulan terakhir mulai terjadi tindak kriminal berupa pencurian ternak di sejumlah daerah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Panit Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino mengatakan beberapa waktu yang lalu tertangkapnya pelaku aksi pencurian hewan ternak yakni berupa dua ekor kambing di desa Gading, Playen menjadi awal pihak kepolisian meminta agar masyarakat selalu waspada. Sejumlah modus pencurian dilakukan salah satunya dengan menggunakan kendaraan roda empat untuk melancarkan aksi pencurian.

“Masyarakat kami harapkan selalu waspada dalam menjaga hewan ternaknya, terutama masalah keamanan,” kata dia, Minggu (28/8/2016).

Iptu Ngadino mengatakan sejak satu bulan yang lalu pihak kepolisian melalui Bhabinkamtibmas berupaya lebih aktif memberikan himbauan kepada masyarakat khususnya yang memiliki ternak. Perhatian pada ternak yang dipelihara terkait keamanan mesti dilakukan. Di Gunungkidul diakuinya masyarakat masih belum terlalu memperhatikan pola keamanan dalam memelihara hewan ternak, hal tersebut dapat terlihat melalui kebiasaan masyarakat hanya dengan mengikat hewan ternak di batang pohon sehingga masih kurang aman.

“Akhir-akhir ini Bhabinkamtibmas sudah mulai condong kepada urusan keamanan ternak,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya